Pustakawan DPK Kota Solok Bina Pengelola Perpustakaan Sekolah

Pustakawan DPK Kota Solok Bina Pengelola Perpustakaan Sekolah

Solok, (InfoPublikSolok) – Budiman Muslim Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok, berinisiatif membina dan membantu perpustakaan sekolah yang mendapatkan koleksi bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Dinas Pendidikan Kota Solok untuk melakukan klasifikasi buku/koleksi perpustakaan sekolah dan penentuan tajuk subjek, Senin (9/3), di ruang layanan perpustakaan umum Kota Solok.

Sebanyak 1.080 judul buku bantuan DAK diklasifikasi secara bertahap, dimulai sejak minggu pertama bulan Januari Tahun 2020 ini. Sebanyak 10 orang pengelola perpustakaan  hadir dan dibimbing oleh pustakawan DPK untuk menentukan nomor klasifikasi koleksi tersebut beserta tajuk subjeknya.

“Tujuan klasifikasi buku perpustakaan sekolah adalah untuk mempermudah murid-murid di dalam mencari buku-buku yang sedang diperlukan, untuk mempermudah pengelola perpustakaan di dalam mencari buku-buku yang di pesan murid-murid, untuk mempermudah pengelola perpustakaan di dalam mengembalikan buku-buku pada tempatnya, mempermudah pengelola perpustakaan mengetahui perimbangan bahan pustaka dan untuk mempermudah pengelola perpustakaan didalam menyusun suatu daftar bahan-bahan pustaka yang berdasarkan sistem klasifikasi,” ungkap Budiman di ruang kerjanya.

“Pada Prinsipnya klasifikasi buku perpustakaan berdasarkan, subjeknya, bentuk penyajiannya dan bentuk karyanya, buku karya umum dan kesusastraan.  Karena buku yang akan diklasifikasi cukup banyak, maka saya bagi masing-masing pengelola perpustakaan tersebut untuk membawa buku dari sekolahnya, lalu kami bahas bersama-sama disini untuk menentukan klasifikasi dan tajuk subjeknya, mudah-mudahan dalam jangka waktu satu bulan ini, semua buku sudah selesai diklasifikasi,” tutup Budiman Muslim.

Kegiatan ini merupakan tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dalam melakukan pembinaan perpustakaan ke seluruh perpustakaan binaan se Kota Solok. Selain kegiatan ini, ada banyak bantuan telah diberikan, baik dalam bentuk layanan konsultasi pengembangan perpustakaan, layanan otomasi perpustakaan, serta layanan asistensi akreditasi perpustakaan. (jij)

Tags: , , , , , , ,