Suasana Ramadhan di Kota Solok di Tengah Pandemi Covid-19

Suasana Ramadhan di Kota Solok di Tengah Pandemi Covid-19

Solok, (InfoPublikSolok) – Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah terpaksa dilakukan secara berbeda oleh umat Islam di seluruh dunia. Untuk pertama kalinya, Ramadhan dilalui dengan mengampanyekan pembatasan sosial dan menghindari keramaian. Bulan suci Ramadhan yang biasanya meriah dengan beribadah di masjid hingga tradisi buka puasa bersama di berbagai tempat kini cenderung sepi.

Kementerian Agama dalam Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Pandemi Wabah Covid-19 menyatakan, sahur dan buka puasa cukup dilakukan di rumah bersama keluarga inti, serta salat tarawih pun hanya dilakukan di rumah guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Di hari pertama Ramadhan yang jatuh pada Jumat, 24 April 2020, terlihat salah satu masjid di Kota Solok yakni Masjid Darussalam, yang mana biasanya pengurus dan jamaah melakukan buka puasa bersama serta menunaikan ibadah shalat tarawih, kini terlihat sepi lantaran ibadah tersebut hanya dijalankan di kediaman masing-masing.

“Sangat disayangkan, Ramadhan yang hanya datang sekali dalam setahun ini, tidak menyempatkan kita untuk dapat bersilaturahmi dengan jamaah lainnya. Oleh sebab itu, kita juga harus mematuhi aturan dan menahan rindu akan segala ibadah berjamaah yang biasanya kita tunaikan bersama di bulan suci ini, demi kebaikan yang lebih besar untuk mencegah penularan virus Corona. Semoga kita diberi ketabahan dan kekuatan oleh Allah SWT dalam melalui melalui cobaan ini dan wabah virus Corona segera cepat berlalu,” ucap Agung, salah seorang jamaah usai menunaikan shalat maghrib di Masjid Darussalam.

Selain itu, masyarakat yang biasanya melakukan jual beli makanan untuk berbuka puasa terlihat sepi penjual dan pembeli dari tahun sebelumnya, hal itu karena telah diterapkannya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Provinsi Sumatera Barat khususnya Kota Solok. (da)

Tags: , , , , , , , ,