Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Rangkaian Kegiatan Panen Raya Padi Sawah Solok, Undang Antusias Masyarakat Dan Pelajar

Rangkaian Kegiatan Panen Raya Padi Sawah Solok, Undang Antusias Masyarakat Dan Pelajar

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pangan Kota Solok bersama Badan Pangan Nasional dan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Hamparan Sawah Solok Kelurahan VI Suku, Jumat (17/11). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kunjungan Walikota Solok bersama rombongan OPD terkait ke Badan Pangan Nasional dan Kementerian Pertanian di Jakarta sehubungan dengan pelaksanaan Panen Raya Padi Sawah Solok dengan mengundang Kepala Bapanas (H. Arief Prasetyo Adi, ST. MT) pada acara ini.

Hadir pada acara yaitu Deputi III Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas (DR. Andriko Noto Susanto, SP, MP) dan rombongan serta rombongan perwakilan Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi, rombongan Kementerian Dalam Negeri, Gubernur Sumbar (diwakili oleh Kepala IPDN Baso), Irzal Ilyas Dt. Lawuik Basa (DPRD Provinsi Sumbar), Walikota Solok, Wakil Walikota Solok, Kepala Dinas Pangan Prov. Sumbar dan rombongan, unsur Forkompimda, Ketua LKAM, Bundo Kanduang, Ketua GOW Ka Bulog pimwil Solok, unsur BUMN dan seluruh Kepala OPD kota Solok.

GPM (Gerakan Pangan Murah) dengan melibatkan TTI (Toko Tani Indonesia) pada Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat dan BULOG Cabang Solok menjual bahan pangan kebutuhan sehari-hari dengan harga jual dibawah harga pasar sekarang juga dilaksanakan di lokasi yang sama. Guna mengundang masyarakat sebagai daya tarik pengunjung pada rangkaian acara ini, Bapanas, Dinas Pangan Provinsi Sumbar dan Dinas Pangan Kota Solok melalui kegiatan Sosialisasi B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) membagi-bagikan pangan gratis berupa ubi rebus, jagung rebus, 1.000 buah pisang dan 500 jus buah di lokasi acara.   

Kegiatan lainnya di lokasi yang sama yaitu pemberian bantuan sembako dalam bentuk beras kepada 50 KK miskin yang berdomisili di Kelurahan VI Suku (sekitar area hamparan sawah Solok) dan penutupan kegiatan GENIUS (Gerakan Edukasi Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa) dengan sumber dana APBN melalui Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Kegiatan GENIUS merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mewujudkan Generasi Emas 2045 dengan pemberian pangan bergizi kepada siswa SD sebanyak 499 siswa yaitu 145 siswa SDN 14 Laing, 197 siswa SDN 12 Tanah Garam dan 157 siswa SDN 7 KTK. Penunjukan SD pelaksanan kegiatan GENIUS merupakan hasil koordinasi Dinas Pangan dengan Dinas Pendidikan yang mengacu kepada Petunjuk Teknis kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 20 kali pemberian kudapan pangan bergizi untuk siswa yang mengandung protein, dengan melibatkan Universitas Andalas Program studi Ilmu Gizi dibawah naungan AIPGI (Asosiasi Intitusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia).

Puncak rangkaian acara ini yaitu dengan pelaksanaan pemberian kudapan bergizi berupa telur rebus dan susu kepada seluruh siswa GENIUS yang hadir dibawah koordinir Dinas Pendidikan dan Dinas Pangan Kota Solok yang dilanjutkan dengan yel-yel GENIUS dan jingle STOP BOROS PANGAN oleh seluruh siswa.

“Semoga dengan rangkaian pelaksanaan acara pada hari ini, Bapanas dan Pemerintah Pusat mengalokasikan lagi dananya tahun 2024 untuk Kota Solok, guna mendukung proses pembangunan fisik dan pembangunan sumber daya manusianya yang lebih baik dan untuk mewujudkan kemandirian pangan, ketahanan pangan dan kedaulatan pangan di Kota Solok” harapan Walikota Solok pada akhir sambutannya. (Fas/ Ndy)

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan