Ratusan Pelajar SD Ikuti Lomba Permainan Tradisional

Ratusan Pelajar SD Ikuti Lomba Permainan Tradisional

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok melaksanakan Lomba Permainan Tradisonal, di Istiqlal Park Kota Solok, Kamis (24/10/2019).

Acara secara resmi oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Data, Eva Murgana, S.KM, yang didampingi oleh tim juri terdiri dari Sri Puji Astuty, Dinas Pendidikan Kota Solok, Ifdwi Jelita, Forum Komunikasi Perlindungan perlindungan Anak Sekolah, Dunia Usaha, Hendra Saputra dan alumi Forda Kota Solok, Adinda Mulia serta dihadiri oleh Kepala Sekolah Dasar se Kota Solok dan Guru Pendamping dan 250 orang anak yang berasal dari SD/ Sederajat Se Kota Solok. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kembali Permainan Tradisional anak-anak yang saat ini hampir punah dan tidak pernah lagi dimainkan.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Data, Eva Murgana, S.KM menyampaikan, pemenuhan hak anak yang utama adalah bermain, salah satu penyebab anak malas melakukan aktivitas permainan tradisional adalah pengunaan telepon pintar atau smartphone yang tidak terkontrol, berdampak pada kurangnya sosialisasi anak di lingkungan sekitar secara langsung.

Lebih lanjut, Eva Murgana mengatakan, kegiatan akan berdampak besar pada pelestarian permainan anak tradisional, selain membentuk kreatifitas anak, juga meminimalisir pengunaan smartphone yang tidak terkontrol, bukan rahasia lagi sebagian besar anak menghabiskan waktunya dengan teknologi itu. Terlihat antusias peserta mengikuti acara itu, keceriaan pun tersirat di wajah anak-anak saat bermain cakbur dan membuat aneka permainan tradisional anak, ungkapnya

Sementara itu, Kasi Pengembangan dan Penguatan Kelembagaan, Oktriwil Yenita, SH mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu langkah dari sekian banyak kegiatan yang sudah dilakukan untuk pemenuhan hak anak dalam bermain Kegiatan ini terus diupayakan terlaksana secara berkelanjutan, dengan melibatkan lebih banyak lagi sekolah, ungkapnya.

Sri Puji Astuty menyampaikan kriteria penilaian yaitu kekompakan, keserasian, keseragaman kreatifitas, antusiasme,penghayatan dan keceriaan anak dalam bermain, ungkapnya.

Pemenang lomba diumumkan langsung oleh Sri Puji Astut terdiri dari tingkat putra Juara 1 SD 07 KTK, Juara II SD 06 Tanjung Paku dan Juara III SD 03 Simpang Rumbio dan tingkat putri Juara I SD 15 Koto Panjang, Juara II SD 14 KTK dan Juara III SD 04 Tanah Garam. (as)

Tags: , , , , , , , , ,