Ratusan Penari Akan Meriahkan Pembukaan MTQ Sumbar ke-38

Ratusan Penari Akan Meriahkan Pembukaan MTQ Sumbar ke-38

Solok, (InfoPublikSolok) – Kota Solok sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-38 berupaya untuk memberikan yang terbaik dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Berbagai persiapan telah dilaksanakan guna memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan kegiatan ini nanti.

Salah kegiatan yang juga telah dipersiapakan untuk pelaksanaan MTQ ini adalah penampilan ratusan penari yang akan menghibur pengunjung pada saat acara pembukaan nantinya yang akan dilaksanakan pada sabtu (15/6/2019) pukul 19.00 WIB.

Acara pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Solok ini, akan meyuguhkan berbagai hiburan, diantaranya penampilan Tari Kolosal yang diikuti oleh 250 orang penari yang merupakan kolaborasi dari siswa SMA/SMK se-Kota Solok dengan Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Tari Kolosal dengan judul ‘Menghimpun Cahaya’ merupakan hasil garapan koreografer Dr. Susas Rita Loravianti, M.Sn dan Dr. Martion, M.Sn. dengan iringan musik karya komposer M. Halim, M.Sn dan Susandra Jaya, M.Sn.

“Kota Solok yang memiliki keberagaman penduduk, serta budaya yang sangat kental dengan beras sebagai komoditi utama. Keinginan untuk merangkul seluruh masyarakat agar dapat mewujudkan Kota Solok menjadi Kota Beras Serambi Madinah menjadi ide dalam karya ini,” kata Dr. Susas Rita Lora Vianti, M.Sn pada pelaksanaan geladi resik pembukaan MTQ, Jumat (14/6) siang.

“Persiapan untuk tari massal ini telah dilakukan kurang lebih selama dua bulan, dengan kolaborasi yang baik antara siswa SMA/SMK Kota Solok, dengan mahasiswa ISI Padang Panjang. Pada bulan Ramadhan pun peserta terus menjalani latihan rutin, puasa tidak jadi penghalang untuk para peserta terus berupaya agar dapat memberikan yang terbaik pada saat acara pembukaan nantinya.” ungkap Elvy Basri, Kepala Dinas Pariwisata sekaligus Koordinator Tim Kesenian dan tari massal yang turut hadir pada acara geladi resik tersebut.

Tidak hanya penampilan tari massal, puluhan penabuh bedug yang berasal dari sanggar seni yang ada di Kota Solok juga akan menampilkan kebolehannya dengan komposer Ronaldi, M.Sn dari dinas Pariwisata Kota Solok. (sn)

Tags: , ,