Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Re-Akreditasi Faskes Tingkat Pertama Puskesmas Tanjung Paku

Re-Akreditasi Faskes Tingkat Pertama Puskesmas Tanjung Paku

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka evaluasi memperbaiki sistem pelayanan, Puskesmas Tanjung Paku Kota Solok melaksanakan Re-Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang dilakukan melalui during dan luring dari tanggal 28 – 30 November 2023.

Puskesmas sebagai salah satu FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang difungsikan sebagai gate-keeper dalam pelayanan kesehatan. Puskesmas dituntut untuk memberikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang paripurna, adil, merata, berkualitas, dan memuaskan masyarakat.

Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan setiap pasien, makin sempurna kebutuhan dan tuntutan setiap pasien, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan.

Mewakili Kepala Dinas, Dra. Dessy Syafril, Apt. MPH selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Solok memberikan support dan dukungan terhadap penilaian akreditasi ini dengan ikut mendampingi dan memperkenalkan diri kepada tim surveiyor yang dilakukan secara daring melalui media zoom meeting.

”Dinas Kesehatan sangat mendukung upaya Re Akreditasi Puskesmas, karena merupakan bagian dari tanggung jawab Dinas Kesehatan untuk membina pelayanan kesehatan di Kota Solok khususnya pelayanan kesehatan tingkat pertama yang dilaksanakan oleh Puskesmas. Kita berharap dengan adanya penilaian ini ada peningkatan nilai dari dasar, madya, utama, dan paripurna,” jelas Dessy.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang PSDK Dinas Kesehatan Kota Solok Emil Reza Razali, S.Si, Apt, M.Farm dan Kabid Kesmas mewakili Ns. Aprinur Azwira, S.Kep. MKM serta staf dari Seksi Layanan Kesehatan (Yankes), Kepala Puskesmas Tanjung Paku, dr. Ayuria Retmana serta karyawan Puskesmas Tanjung Paku Kota Solok.

Sebelum kendali kegiatan diambil alih oleh surveyor, Kepala Puskesmas Tanjung Paku diberikan kesempatan untuk presentasi mengenai apa saja kegiatan yang ada di Puskesmas Tanjung Paku, mulai dari perkenalan Profil Puskesmas Tanjung Paku dengan, capaian kinerja, inovasi dan upaya atau program peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang menggunakan fasilitas kesehatan di Puskesmas Tanjung Paku.

Kegiatan penilaian akreditasi ini dilakukan oleh dua orang tim surveiyor yaitu dr. Yesrita Zedrianis, M.Kes dari LPA-PKP dan dr. Munziarni dari LPA-PKP (Lembaga Penyelenggara Akreditasi – Pelayanan Kesehatan Paripurna).

dr. Yesrita Zedrianis dalam webinarnya mengatakan tujuan terlaksananya akreditasi adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, meningkatkan perlindungan kesehatan bagi sumberdaya kesehatan, dan meningkatkan tata kelola organisasi, serta mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

“Proses re-akreditasi merupakan salah satu proses penilaian kesesuaian mutu layanan Puskesmas dengan standar yang telah ditetapkan. Penilaian dilakukan untuk memastikan Puskesmas memenuhi standar pelayanan kesehatan tingkat pertama yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan dan manajemen risiko,” jelas Yesrita.

Sementara itu Kepala Puskesmas Tanjung Paku, dr. Ayuria Retmana, berharap Puskesmas Tanjung Paku dapat meraih peningkatan akreditasi. “Mudah-mudahan akreditasi Puskesmas Tanjung Paku semakin meningkat sejalan dengan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” harapnya. (ya/c)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan