Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Relawan Demokrasi Kota Solok Ikuti Bimtek Pemilu 2019

Relawan Demokrasi Kota Solok Ikuti Bimtek Pemilu 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemilihan Umum Tahun 2019 semakin dekat, tanggal 17 April 2019 mendatang Indonesia akan mencetak sejarah baru dengan menggelar pemilu eksekutif dan legislatif secara serentak. Sebagai bentuk sosialisasi, pendidikan pemilih, dan partisipasi masyarakat mengenai pemilihan umum, KPU RI membentuk Relawan Demokrasi (Relasi) di setiap KPU Kab/Kota di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Solok

KPU Kota Solok telah menetapkan sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi yang sebelumnya telah menjalani seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Hingga akhirnya hanya 55 orang saja dari 70 orang pendaftar yang berhak menjadi relawan demokrasi pemilu 2019 di Kota Solok.

Relawan Demokrasi terbagi dalam 11 basis, yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet, dan basis relawan demokrasi itu sendiri.

“Sebelum terjun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan Pemilu 2019, Relasi harus mendapatkan pembekalan terlebih dahulu agar seluruh program yang akan dilaksanakan dapat tepat sasaran dan mencapai tujuan yang diharapkan,” ungkap Edi Erawadi, S.ST selaku Ketua Pelaksana kegiatan bimtek hari ini.

Kegiatan Bimtek Relasi akan digelar selama 2 hari, tanggal 23 s.d 24 Januari 2019 bertempat di D’relazion Restoran Jl. Dr. Hamka Kota Solok. Kegiatan hari pertama diisi dengan penyampaian materi oleh beberapa narasumber, sedangkan di hari kedua kegiatan akan lebih menekankan untuk menggali potensi relasi dengan metode diskusi antar basis relasi.

Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Amnasmen SH, juga turut hadir dan berkesempatan memberikan materi pada kegiatan ini mengatakan, “Relawan dibentuk untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang Pemilu dan pentingnya Pemilu berkualitas untuk Indonesia ke depannya. Relawan demokrasi merupakan orang-orang terpilih yang bebas dari intervensi siapapun, tidak berpihak kepada partai politik manapun. Selain itu, antar basis relawan demokrasi juga harus saling berinteraksi,” ujarnya.

Dr. Armadepa selaku narasumber menyampaikan materi mengenai Pentingnya Demokrasi Pemilu dan Partisipasi. “Pemilu 2019 merupakan pemilu “ter-rumit” yang pernah dilaksanakan di Indonesia karena pemilihan eksekutif dan legislatif dilaksanakan secara serentak, sehingga di perlukan peran serta semua pihak dan masyarakat untuk menyukseskan pemilu ini. Relawan demokrasi dapat aktif dalam melakukan sosialisasi pemilu dan pendidikan politik bagi pemilih,” tutur Akademisi UMMY Solok ini.

Dengan adanya Relawan Demokrasi ini, diharapkan akan dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat yang cenderung menurun dari pemilihan umum sebelumnya. (ys)

Tags: , , , , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.