Rencana Pemugaran Pagar dan Relokasi Pedagang di Depan Masjid Al Furqan Koto Panjang

Rencana Pemugaran Pagar dan Relokasi Pedagang di Depan Masjid Al Furqan Koto Panjang

Solok, (InfoPublikSolok) – Masjid Al Furqan Koto Panjang kedepannya akan memiliki tampilan yang berbeda, nantinya masjid yang berada di kawasan belakang Pasar Raya Solok ini akan memiliki lahan parkir untuk kenyamanan jamaah memarkirkan kendaraannya di dalam kawasan masjid.

“Kondisi saat ini, area parkir di sekitar masjid dan kawasan Pasar sangat minim dan tidak adanya parkir khusus untuk jamaah yang membawa kendaraan roda empat,” ungkap Masri Bakar selaku Ketua Yayasan Masjid Al Furqan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pengurus Masjid Al Furqan beserta jajaran mengundang Dinas Perhubungan, Dinas Pasar, Tokoh Mayarakat Koto Panjang, LPMK, Ketua RW 02, Pemuda Koto panjang serta Pedagang yang akan direlokasikan untuk menghadiri musyawarah bersama bertempat di Masjid Al Furqan Koto Panjang, Minggu (3/2/2019).

Saat dilakukannya musyawarah dan penyampaian keinginan Pengurus Masjid Al Furqan untuk melakukan pemugaran pagar depan Masjid, Pemuda Koto Panjang sangat berterima kasih kepada pengurus masjid karena telah mengikut sertakan para pemuda Koto Panjang dalam musyawarah ini.

“Pemuda Koto Panjang pun siap untuk membantu dan mendukung pelaksanaan pemugaran pagar Masjid Al Furqan ini,” kata salah seorang perwakilan dari Pemuda Koto Panjang.

Rencana perelokasian pedagang yang berjumlah 12 pedagang ini, akan direlokasikan ke tempat yang akan direncanakan oleh Dinas Pasar dengan solusi penempatan ke Terminal Bareh Solok atau masih di area Pasar Koto Panjang Panjang namun rencana ini akan diperbincangkan ulang lagi oleh Dinas Pasar, kata Kiki perwakilan dari Dinas Pasar yang hadir pada Musyawarah.

Dengan adanya musyawarah ini, para pedagang menyambut baik langkah perelokasian ini untuk tercapainya rencana pemugaran pagar Masjid Al Furqan, namun besar harapan dari Bakri, salah seorang pedagang agar perelokasian tidak jauh dari Pasar Raya, karena akan mengakibatkan susahnya mencari pelanggan dan khawatir pelanggannya susah mencari ke tempat yang jauh.

Kemudian, salah seorang pemuka masyarakat mengatakan pendapatnya untuk pemugaran pagar Masjid dan perelokasian ini sebaiknya dilakukan setelah para Pedagang mendapatkan tempat untuk mereka berdagang dan memberikan tempat yang adil, tidak tebang pilih.

“Semoga langkah baik pemugaran ini dapat dilaksanakan sebelum Ramadhan tiba dan tidak menghambat aktifitas perdagangan,” harapnya. (da)

Tags: , , ,