Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Rintis Kebun Taruna Bumi, Pimcab Saka Taruna Bumi Sambangi SMKN 2 Kota Solok

Rintis Kebun Taruna Bumi, Pimcab Saka Taruna Bumi Sambangi SMKN 2 Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Satuan Karya Taruna Bumi sebagai salah satu satuan karya yang ada di Kwartir Cabang Kota Solok terus meningkatkan kegiatan positif baik pada anggota maupun pada lingkungan sekitar.

Selama kurang lebih 10 bulan, anggota Satuan Karya Taruna Bumi mengikuti latihan, baik di Area Kantor Dinas Pertanian Kota Solok maupun di lapangan dalam rangka membekali anggota akan ilmu pertanian. Untuk menerapkan ilmu yang telah didapat selama latihan, maka dijajakilah kebun di sekolah.

Pada tanggal 29 November 2023 untuk mewujudkan Kebun Taruna Bumi di sekolah, Pengurus Satuan Karya Taruna Bumi Kota Solok yaitu Ketua Pimpinan Cabang, Jhoni Lukman, Wakil Pimpinan Cabang, Fathoni Abdillah, Sekretaris Pimpinan Cabang, Sabrianova Dairoza, Pamong Saka, Nazifah dan Instruktur Saka, Rahmad Yendi menyambangi SMKN 2 Kota Solok untuk merintis Kebun Taruna Bumi.

Tim Satuan Karya Taruna Bumi diterima oleh Pembina di Gugus Depan SMKN 2 Kota Solok, Ramadhianty dan Anggota Satuan Karya Taruna Bumi dari SMKN 2 Kota Solok sebanyak 7 orang.

“Satuan Karya Taruna Bumi yang berpangkalan di Dinas Pertanian bertujuan mengajarkan ilmu pertanian kepada generasi muda untuk tingkatan Pramuka Penegak dan Pandega. Akhir ini minat generasi muda untuk terjun di sektor pertanian sangat kurang, padahal kebutuhan pangan yang dipenuhi dari sektor pertanian terus meningkat seiiring dengan peningkatan jumlah penduduk,” ujar Jhoni Lukman.

Dalam kunjungan, Ketua Pimcab Saka Taruna Bumi ini juga menjelaskan bahwa pada Satuan Karya Taruna Bumi, anggota tidak hanya diajarkan cara bertanam saja tapi diajarkan berbisnis dan penerapan teknologi di sektor pertanian. Jangan sampai ada lahan yang tidak terpakai di sekitar kita sementara ada generasi muda yang membutuhkan pekerjaan untuk memperoleh penghasilan dan lahan kosong itu sebenarnya bisa mendatangkan uang jika dikelola dengan baik.

“Untuk itu jika ada lahan yang bisa dipakai untuk kebun di sekolah, anggota Pramuka Satuan Karya Taruna Bumi bisa mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh dari pamong dan instruktur saka untuk mengelola lahan yang ada,” tutup Jhoni.

Sementara itu, Ramadhianty sebagai pembina di gugus depan mendukung rencana dirintisnya Kebun Taruna Bumi ini. (fa/ Ndy).

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan