Road Map Inovasi, Strategi Pemko Solok dalam Wujudkan Visi Daerah

Road Map Inovasi, Strategi Pemko Solok dalam Wujudkan Visi Daerah

Solok, (InfoPublikSolok) – Inovasi merupakan salah satu strategi yang diperlukan untuk mendukung terwujudnya visi daerah. Inovasi harus direncanakan dengan baik karena inovasi bukan inisiatif yang sporadis, muncul tiba-tiba dan parsial (tidak sistemik). Inovasi yang direncanakan akan menghasilkan perencanaan yang inovatif.

Fenomena saat ini, perencanaan pembangunan daerah tidak membentuk sebuah lintasan yang jelas yang menggambarkan kesinambungan masa lalu dengan masa kini dan masa depan.

Selain itu, kurang terbangunnya sebuah kohesi antar level perencanaan dimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tidak terurai dengan baik dalam rencana strategis Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga mempersulit pengukuran kontribusi OPD terhadap target capaian pada RPJMD. Oleh karena itu, muncul kebutuhan untuk merencanakan inovasi sehingga terwujudnya perencanaan yang inovatif.

Road map Inovasi merupakan dokumen perencanaan jangka menengah yang menggambarkan berbagai kebutuhan inovasi di instansi pemerintah yang mengarah pada pencapaian tujuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah secara terintegrasi.

Road map Inovasi Kota Solok disusun untuk lima tahun ke depan sesuai dengan periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok Tahun 2021-2026. Tujuan penyusunan road map inovasi masing-masing perangkat daerah ini untuk memetakan kebutuhan inovasi yang mendukung upaya terwujudnya visi dan misi Wali Kota dan target RPJMD serta meningkatkan posisi inovasi daerah.


Penyusunan road map inovasi Kota Solok terlaksana atas kerja sama Pemerintah Kota Solok melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok dengan arahan dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia telah dilaksanakan sejak tanggal 4 Oktober s/d 7 Oktober 2021.

Kegiatan berupa Focus Group Discussion yang dilaksanakan selama empat hari itu dibuka langsung oleh Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN-RI, Bapak Dr. Ir. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Tri Widodo yang didampingi oleh Walikota Solok, H. Zul Efian Umar, SH, M.Si bertempat di aual D’Relazion Resto Kota Solok yang dihadiri oleh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Kota Solok. (dh)