Sadari Hak Pilih, Masyarakat Serbu Disdukcapil Kota Solok

Sadari Hak Pilih, Masyarakat Serbu Disdukcapil Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Kantor Dinas Dukcapil Kota Solok dipadati masyarakat dalam satu bulan terakhir ini. Hal ini dikarenakan kesadaran dari masyarakat terutama masyarakat wajib KTP pemula, yaitu yang telah berumur tujuh belas tahun.

Wajib KTP Pemula sangat antusias dalam merekam identitas untuk diterbitkan KTP elektronik karena akan mempergunakan hak pilih dalam Pemilu 17 April besok, dan puncaknya terjadi pada Selasa (16/4) ini. Antrian yang terjadi di kantor Dinas Dukcapil cukup panjang, dimana biasanya hanya mencapai lima puluhan, namun sebulan terakhir mencapai seratusan.

Masyarakat yang telah berdatangan sejak pukul 07.30 WIB, selain mengurus KTP-el juga bermaksud mengurus berbagai jenis dokumen kependudukan. Banyak diantara warga yang datang untuk melakukan pencetakan KTP-el dimana sebelumnya mereka telah melakukan perekaman di kantor Disdukcapil, dan rata-rata mereka adalah remaja berusia 17 dan 18 tahun.

Noviana salah satunya, seorang siswa SMA 1 yang telah berumur delapan belas tahun, melakukan perekaman KTP-el pada hari ini agar bisa menggunakan hak pilihnya untuk Pemilu besok. Meskipun kemungkinan dia hanya akan berbekal satu lembar surat Keterangan Perekaman, karena baru melakukan perekaman pada hari ini, namun dia masih bisa ikut dalam Pemilu.

“Saya baru melakukan perekaman pada hari ini karena kemaren belum sempat ke Disdukcapil, makanya hari ini diusahakan datang agar bisa mencoblos pas Pemilu besok,” ungkap Noviana.

“Tidak hanya hari ini, pada tanggal 17 besok Dinas Dukcapil juga akan membuka layanan Help Desk Pemilu untuk data kependudukan, Dukcapil tidak menerbitkan dokumen kependudukan, tapi hanya menerima verifikasi data yang diragukan, besok juga bisa dilakukan pencetakan KTP-el untuk masyarakat yang telah melakukan perekaman KTP-el,” jelas Kadisdukcapil, Drs. H. Syaiful A, M.Si saat ditemui IPS di ruang kerjanya.

Tidak hanya itu, hak pilih juga akan dipergunakan oleh warga binaan Lapas Kelas II B Laing, dimana sebelumnya Disdukcapil telah melakukan perekaman di Lapas Kelas II B Laing pada 17 Januari lalu.

Antusiasme ini diharapkan tidak hanya jelang Pemilu saja, namun setiap adanya peristiwa seperti kelahiran, kematian, perkawinan dan lain-lain, agar masyarakat sesegera mungkin mengurus dokumen kependudukan ke Disdukcapil. (am)

Tags: , , , ,