Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

Sambut Ramadhan, Kemenag Kota Solok Gelar Gerakan Thaharah Masjid Serentak 

Sambut Ramadhan, Kemenag Kota Solok Gelar Gerakan Thaharah Masjid Serentak 

Solok, (InfoPublikSolok) – Masyarakat, Pengurus Masjid, Penyuluh Agama, siswa Madrasah dan ASN Kantor Kementerian Agama Kota Solok melakukan Gerakan Thaharah Mesjid serentak menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, Sabtu (27/4/2019)

Kepala Kantor Kemenag Kota Solok H. Afrizen mengatakan, thaharah masjid adalah program dari Kementerian Agama. Thaharah Masjid ialah suatu upaya atau gerakan dan tindakan yang mengarah kepada kebersihan tempat beribadah umat Islam khususnya Masjid dan Mushalla/Surau.

“Dalam kegiatan ini ada beberapa yang kita bersihkan, yaitu toilet, tempat wudhu, tikar sholat dan lainnya,” kata Afrizen saat bersama masyarakat dan pengurus Masjid Nurul Ilmi Simpang Rumbio.

Afrizen menambahkan, tujuan dari Gerakan Thaharah Masjid ini adalah menciptakan kondisi Masjid dan mushalla/surau yang betul-betul suci sebagai tempat ibadah, bersih serta nyaman untuk didatangi oleh umat Islam sehingga ada ketenteraman dan kesejukan serta kekhusyukan dalam beribadah.

Kegiatan ini, kata Afrizen, diawali dengan rapat koordinasi pada tanggal 25 April  2019, dengan seluruh pengurus masjid dan mushalla dihadiri oleh Pemko, sekaligus dilaunching oleh Walikota Solok yang diwakili oleh Syafni selaku Staf Ahli. Dalam sambutan Walikota, Pemko Solok sangat mendukung kegiatan ini sehingga diimbau seluruh ASN Pemko yang berada di sekitar masjid agar ikut serta dalam Gerakan Thaharah Mesjid.

Ada 12 Mesjid yang melakukan Gerakan Thaharah, yakni Masjid Al Azhar Langkok, Masjid Istiqamah Tanah Garam, Masjid Nurul Ilmi Simpang Rumbio, Masjid Firdaus KTK, Masjid Nurus Sakinah Nan Balimo, Masjid Nurut Taqwa KTK, Masjid Nurul Hidayah Bandar Panduang dan Masjid Qadarul Yakin Ampang Kualo, Masjid baitul Mukmin Laing, Masjid Dariyanis Yatim Ponpes Warasatul Anbiya’, Masjid Nurul Huda Nan Balimo dan Masjid Al Manar Sawah Sianik.

Salah seorang pengurus Masjid Istiqamah Tanah Garam, mengakui sangat senang dengan adanya Gerakan Thaharah Mesjid yang dilakukan oleh Kantor Kemenag Kota Solok. Menurut pengurus tersebut, kegiatan ini sebagai jembatan menjalin ukhuwah dalam menyambut Bulan Ramadhan semua bekerjasama membersihkan tempat ibadah dan terasa kebersamaannya.

Ada 12 Mesjid yang melakukan Gerakan Thaharah, yakni Mesjid Al Azhar Langkok, Mesjid Istiqamah Tanah Garam, Mesjid Nurul Ilmi Simpang Rumbio, Mesjid Firdaus KTK , Mesjid Nurus Sakinah  Nan Balimo, Mesjid Nurut Taqwa KTK, Mesjid Nurul Hidayah Bandar Panduang, Mesjid Qadarul Yakin Ampang Kualo, Baitul Mukmin Laing, Mesjid Dariyanis Yatim Ponpes Warasatul Anbiya’, dan mesjid Nurul Huda Nan Balimo, serta Mesjid Al Manar Sawah sianik. (hd)

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.