Satlantas Polres Solok Kota Bubarkan Balap Liar Di Lingkar Utara

Satlantas Polres Solok Kota Bubarkan Balap Liar Di Lingkar Utara

Solok, (InfoPublikSolok) – Masyarakat mulai mengeluhkan aksi balapan liar yang dilakukan sejumlah remaja di Jalan Lingkar Utara (JLU). Menyikapi keluhan warga, kepolisian telah mengamankan puluhan pelaku dibeberapa lokasi, diantaranya di Simpang Lima Kelurahan Laing, Kamis (25/2/2021).

Aksi kejar-kejaran sempat terjadi antara petugas dengan para pembalap liar yang nekat kabur, aksi balap liar ini dinilai sangat membahayakan para pengguna jalan lain yang sedang melintas di kawasan itu, selain itu dengan adanya balap liar telah menimbulkan suasana bising yang di akibatkan oleh bunyi knalpot.

Kasat Lantas Polres Solok Kota, IPTU. Muhammad Sugindo menjelaskan, berdasarkan laporan masyarakat di sepanjang JLU sering dilakukan balapan liar terutama pada sore hari. “Satlantas langsung turun kelapangan dan mengambil tindakan dengan mengamankan kendaraan milik peserta balap liar. Mereka tak bisa menunjukan surat-surat kendaraan, maka terpaksa dilakukan penilangan dan menahan kendaraan sebanyak 14 unit. Selain itu tidak satupun dari pelaku balap liar yang menggunakan masker sesuai dengan protokol kesehatan,” jelas IPTU M Sugindo.

Kasat Lantas Polres Solok Kota menambahkan untuk meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jalan khususnya kawasan yang di anggap rawan untuk di jadikan ajang balapan liar, rencananya patroli akan terus lakukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah tingkat kecelakaan dan kriminalitas oleh para pemuda/remaja tersebut.

“Kami menghimbau kepada masyarakat sekitarnya untuk bekerjasama membantu petugas Satlantas Polres Solok Kota dalam menertibkan aksi balapan liar. Aksi balapan liar ini selain meresahkan, mereka ini juga dapat mengakibatkan kecelakaan yang tak hanya menimbulkan korban dari para pembalap liar saja, namun akan berdampak kepada masyarakat sekitar,” terang Kasat.

Sebelumnya masyarakat yang sedang bepergian melintasi jalan lingkar utara pada sore hari harus lebih hati-hati. Sebab, di beberapa titik di jalan lingkar utara sering ada balapan liar. Para pemuda memacu kendaraan di jalan itu dengan kecepatan tinggi, ada juga yang ngebut dengan gaya bebas, seperti mengangkat ban motor bagian depan.

Banyaknya penonton berkerumun di tepi jalan untuk menyaksikan aksi balap liar disepanjang jalan yang akan mereka jadikan trek balapan, mengakibatkan ruas jalan yang bisa dilalui pengendara menjadi sempit dan bahkan mereka tidak segan-segan untuk menutup jalan tersebut.

Warga di sekitar lokasi dan pengguna jalan lingkar utara yang sering dijadikan sebagai jalur balap liar, merasa sangat terbantu dengan adanya tindakan dari Satlantas Polres Solok Kota dalam menangani maraknya balap liar ini. Mudah-mudahan dengan adanya penertiban ini, balap liar tidak ada lagi di JLU.

”Terimakasih tak terhingga kepada satlantas Polres solok kota yang telah menertibkan para pembalap liar, Alhamdulillah kami bisa istirahat dengan nyaman dan berkendara tidak was-was lagi apalagi pada sore hari jalan tersebut banyak digunakan oleh komunitas sepeda, karena jalan tersebut di anggap aman yang di sebabkan masih sepi di lalui oleh kendaraan umum,” ucap Niko mengapresiasi. (wh).

Tags: , , , , , ,