SDN 09 PPA Terapkan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Murid Baru

SDN 09 PPA Terapkan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Murid Baru

Solok, (InfoPuiblikSolok) – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Pasar Pandan Airmati (PPA) Kec. Tanjung Harapan Kota Solok, lakukan pembelajaran tatap muka langsung bagi murid-murid kelas 1 (satu) yang baru masuk sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD). Pada umumnya SD di Kota Solok menerapkan pembelajaran sistem Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring) dimasa Pandemi Covid-19, Kota Solok masih berada pada Zona Kuning.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka perdana di SDN 09 PPA, Senin (20/7), juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan, Apriman, selaku Pengawas SD Kota Solok, Kepala Puskesmas Tanjung Paku, Khairun Nikmah Harahap, BPBD Kota Solok Fera Zuana bersama Tim, serta Tagana dan Pramuka Peduli Kota Solok untuk pendampingan.

SDN 09 PPA ini merupakan sekolah pertama yang menerapkan pembelajaran tatap muka langsung di Kota Solok. Uji coba pembelajaran tatap muka langsung ini, akan dilaksanakan selama satu minggu dari tanggal 20 s.d 25 Juli 2020. Sistem ini akan menjadi acuan untuk sekolah lainnya tingkat SD di Kota Solok setelah dilakukannya evaluasi.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka bagi murid kelas 1 baru SDN 09 PPA tersebut, dilakukan dengan mematuhi semua aturan  protokol kesehatan sesuai dengan aturan, seperti: izin dari Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, serta persetujuan orang tua/wali murid. Untuk Kota Solok esuai dengan edaran Walikota Solok Nomor: 420/497/DDIK-SEKR-2020 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sebelum pelaksanaan kegiatan belajar tatap muka sekolah telah mempersiapkan segala sarana prasarana seperti penyemprotan desinfektan dilingkungan sekolah oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Solok. Ruangan kelas juga dipersiapkan seperti meja belajar di beri batas dengan plastik dan juga hanya sebanyak 10 buah meja saja, karena anak-anak yang akan dihadirkan kesekolah cuma sebanyak 10 orang saja setiap hari dan satu kali dalam seminggu.

Kepala SDN 09 PPA, Desriyondra menyampaikan awal tahun ajaran baru 2020/2021 ini dimulai sejak 13 Juli 2020 yang lalu. Untuk kelas 2 s.d 6 dilaksanakan secara daring, sedangkan untuk kelas 1 (satu) tatap muka langsung di sekolah. ” Untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka langsung ini, kami mempersiapkan berbagai hal protokol kesehatan, diantaranya menyediakan tempat cuci tangan, ruang kelas mejanya kita batasi dengan sekat plastik, antar meja berjarak, berkoordinasi dengan Puskesmas Tanjung Paku, namun yang penting sekali adalah izin dari Kepala Daerah dan persetujuan orang tua,” ujar Kepsek.

Lanjutnya, “kita datangkan sehari 10 orang didampingi orang tua dengan durasi belajar selama 4 kali 25 menit, aktifitas dilakukan dalam kelas saja.Kita juga berkerja sama dengan orang tua, orang tua menyiapkan masker, handsanitizer dan makanan karena anak-anak dilarang jajan diluar sekolah serta anak2 juga kita cek suhu dengan thermo gun,” jelas Desriyondra.

Kegiatan pembelajaran sistem tatap muka langsung ini juga mendapat respon positif dari orang tua/wali murid. “Kami sebagai orang tua sangat bersyukur dengan ada kegiatan belajar tatap muka langsung bersama gurunya di sekolah, karena ini merupakan pengalaman pertama bagi anak kami, yang baru menginjak SD. Dengan datang ke sekolah bertemu dengan teman-temannya menjadi kebanggaan bagi anak kami,” ungkap Hidayat salah satu orang tua siswa.

Lebihlanjut Hidayat menjelaskan, Pihak sekolahpun sudah mengkoordinasi dengan kami wali murid, dan kami menyetujui kalo anak didatangkan kesekolah. Apalagi kami juga sudah melihat berbagai sarana dan fasilitas yang disediakan serta penerapan protokoler kesehatan sudah memenuhi standar,” ujar Hidayat. (js)

Tags: , , , , , , , ,