Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

22 Februari 2024

Sehat dan Bahagia dengan Pangan Lokal di Hamparan Sawah Solok

Sehat dan Bahagia dengan Pangan Lokal di Hamparan Sawah Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka sosialisasi penganekaragaman konsumsi pangan dan ikut memeriahkan event Rang Solok Baralek Gadang RSBG (2023), Dinas Pangan melaksanakan kegiatan Gelar Pangan Lokal dengan mengangkat tema “Sehat dan Bahagia dengan Pangan Lokal” di hamparan sawah solok selama acara berlangsung 16 s.d 18 September 2023.

Gelar pangan lokal menampilkan snack olahan pangan lokal berbahan non beras non terigu seperti olahan dari jagung, ubi kayu, kentang, talas, labu, ubi jalar dan pisang, hasil produk olahan beberapa UMKM pangan lokal di Kota Solok di antaranya Aisya Bakery, Snack Ozawa, Friska Sanck box, Dapur Uni Nel, Sofni Snack, Usaha Kue Ardeti dan Lisasyi snack.

Masing-masing UMKM menampilkan olahan produk pangan lokal dengan bahan baku pangan lokal yang berbeda diantaranya olahan dari ubi kayu (singkong keju, brownis mocaf, talam ubi lumer, singkong karamel, ayam-ayaman singkong), olahan dari jagung  (lapek jagung, Schotel jagung, soleng, puding jagung), olahan dari ubi jalar (Kue ku ubi ungu, bolu ubi ungu, ubi wijen), olahan dari kentang (kroket kentang, martabak kentang), olahan dari pisang (bolu pisang kukus), olahan dari labu (lapek labu), olahan dari talas (sobet).

Gelar pangan lokal bertujuan untuk memperkenalkan produk olahan pangan lokal di tengah masyarakat, sebagai upaya untuk penganekaragaman konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumberdaya lokal, sehingga dapat mengurangi penggunaan terigu yang merupakan produk import.

Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat lebih mengetahui bahwa ada produk olahan pangan lokal tanpa menggunakan terigu dengan rasa yang tidak kalah bersaing dengan produk olahan terigu yang mendominasi dipasaran. Disamping itu gelar pangan lokal juga bertujuan untuk mempromosikan produk olahan pangan lokal dari UMKM pangan lokal sehingga lebih dikenal oleh masyarakat.

Walikota Solok, Zul Elfian Umar beserta Ibu Ketua TP-PKK, berkesempatan hadir dan membuka kegiatan gelar pangan lokal secara resmi, Sabtu (16/9). Dalam arahannya, Wako mengimbau agar masyarakat dapat mengkonsumsi pangan lokal untuk hidup sehat, aktif dan produktif. Turut hadir juga mengunjungi stand gelar pangan lokal, Dandim 0309/Solok beserta Ibu, Ketua DWP, Ibu-Ibu PKK, Pimpinan OPD, ASN dan masyarakat pengunjung RSBG.

Snack olahan pangan lokal dibagikan secara gratis kepada setiap pengunjung, terlihat pengunjung sangat antusias mencicipi snack olahan pangan lokal yang disediakan.

Kepala Dinas Pangan, Ade Kurniati, S.Pt menyampaikan bahwa kegiatan Gelar Pangan Lokal merupakan agenda rutin Dinas Pangan yang dilaksanakan satu kali dalam setahun, dengan melibatkan UMKM pangan lokal di Kota Solok.

Sesuai dengan program pemerintah untuk mengurangi impor terigu dan memasyarakatkan konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal.

Mari kita konsumsi berbagai jenis bahan pangan agar asupan gizi yang masuk ketubuh kita dapat terpenuhi, karena tidak ada 1 jenis pangan pun yang cukup nilai gizinya kecuali ASI.

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pola konsumsi masyarakat menuju konsumsi pangan beragam dan UMKM pangan lokal dapat terus berinovasi dengan olahan pangan lokal. Makan Enak, Makan Sehat, Makan B2SA, Jangan Lupa Habiskan..!!

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.