Seleksi Olimpiade Guru Nasional Tingkat Kota Solok

Seleksi Olimpiade Guru Nasional Tingkat Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pendidikan Kota Solok menggelar seleksi Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Dasar dan Menengah Pertama tingkat Kota 2019. Olimpiade yang diperuntukkan bagi insan pengajar ini diselenggarakan di SKB Kota Solok, Selasa (26/2/2019).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Solok, Hj. Inna Wahyuningsih, S.Pd. MM menyatakan, para peserta olimpiade akan dipilih yang terbaik. Yakni, peringkat I, II dan III untuk jenjang guru kelas SD dan peringkat I, II, III untuk jenjang SMP per mata pelajaran. Mata pelajaran yang dilombakan adalah mata pelajaran IPA, IPS, matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Proses Seleksi ini berlangsung selama satu hari.

Dijelaskan, Olimpiade Guru Nasional tingkat Kota Solok tahun ini diikuti oleh 80 orang guru SD dan SMP.  Peserta terbagi dalam 6 kategori yang terdiri atas 45 Guru Kelas SD, 7 Guru SMP mata pelajaran matematika, 7 Guru SMP mata pelajaran IPA, 7 Guru SMP mata pelajaran IPS, 7 Guru SMP mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 7 Guru SMP mata pelajaran Bahasa Inggris.

Olimpiade guru tahun ini dilaksanakan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota dengan menggunakan perangkat tes yang dikembangkan sendiri oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Peserta yang terpilih dari tingkat kabupaten/kota kemudian mengikuti seleksi di tingkat provinsi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi bertempat di ibukota provinsi. Mekanisme penilaian dilakukan melalui tes tertulis, yang perangkatnya disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.

Pada tingkat kabupaten/kota OGN masih menggunakan tes tertulis. Mungkin jenis tes tertulis ini tahun-tahun berikutnya bisa direvisi menjadi tes berbasis Komputer. Perlu adanya tes secara Online menggunakan Komputer untuk menjaga objektifitas OGN, juga mendukung program lesspaper. Penulis berharap tahun berikutnya mulai dari tingkat Kab/Kota sudah dapat dilaksanakan sistem berbasis Komputer. Jika anak didik saja diarahkan untuk menggunakan UNBK, kenapa tidak untuk ajang selevel OGN. (rpe)

Tags: , , ,