Siapkan Calon Pengawas Sekolah Yang Berkualitas, Disdik Laksanakan Diklat

Siapkan Calon Pengawas Sekolah Yang Berkualitas, Disdik Laksanakan Diklat

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam upaya menyiapkan sumber daya Pendidikan untuk memperkuat sistem penyeleggaraan pendidikan di Kota Solok serta masih terdapat kekurangan tenaga pengawas sekolah menjadi dasar untuk pelaksaaan kegiatan Diklat Calon Pengawas Sekolah.

Maju mundurnya Pendidikan tidak hanya diletakkan pada pundak pemerintah saja, semua stakeholder pendidikan dari sisi software (kurikulum dan sistem pendidikan) maupun hardware (peserta didik, guru, pengawas sekolah, orang tua, lingkungan pendidikan, infrastruktur dan lain-lainnya) harus turut andil dalam proses keberlangsungan pendidikan sehingga pendidikan membawa hasil sesuai harapan semua pihak.

Dra. Rosavella. YD, MM dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menyiapkan calon pengawas sekolah yang berkualitas. Peserta kegiatan sebanyak 20 yang terdiri dari 2 orang guru TK, 10 orang guru/ kepala sekolah SD dan 8 orang guru SMP yang akan mengikuti serangkaian kegiatan dimulai dari 6 Oktober 2021 dan berakhir pada 8 Desember 2021.

Peserta pada kegiatan diklat ini merupakan peserta yang telah mengikuti dua tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan seleksi Substansi yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) pada 17-22 September 2021 yang lalu.

LPPKSPS adalah lembaga yang bernaung dibawah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini merupakan satu-satunya Lembaga yang  bertanggung jawab dalam penyiapan kompetensi calon kepala sekolah dan calon pengawas sekolah.

Kegiatan Diklat calon pengawas ini terdiri dari serangkaian kegiatan dengan total waktu 171 Jam Pelajaran (JP = 45 menit) dengan pola On the Job Training (OJT) dan  In Service Training (IST). On the Job Training 1, dilaksanakan pada 06-18 Oktober 2021 atau setara dengan 21 JP. Kegiatannya adalah dalam wujud Observasi dan Refleksi kondisi sekolah dengan terlebih dahulu dibimbing oleh instruktur pada training awal sekaligus pembukaan kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober 2021 ini dengan pola 10 JP. Calon pengawas akan melanjutkan observasi dan refleksi berdasarkan ilmu yang diperoleh pada sekolah masing-masing

Selanjutnya In Service Training 1 pada 19-25 Oktober 2021 setara 50 JP dibawah bimbingan instruktur LPPKSPS dengan agenda pemberian materi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan OJT 1 serta perencanaan kegiatan pada OJT 2, berikutnya On the Job Training 2 pada 26 Oktober 2021 sampai 02 Desember 2021 setara 75 JP di sekolah masing-masing yang juga merupakan kegiatan mempraktekkan rencana kepengawasan yang telah disusun dan kegiatan terakhir In Service Training 2 pada 04-08 Desember setara 25 JP, merupakan kegiatan akhir dari diklat yaitu dalam bentuk presentasi dari semua laporan kegiatan yang telah disusun oleh calon pengawas sekolah atau kegiatan refleksi dan pemberian penilaian pada setiap calon pengawas sekolah yang mengikuti diklat.

Kegiatan diklat ini dipandu langsung oleh instruktur dari LPPKSPS, Suharto Sisar, S.Pd, MT yang berperan utama dalam pembimbingan calon pengawas dalam hal konsep kepengawasan dan juga di bawah bimbingan 4 orang mentor yang berasal dari pengawas sekolah dari beberapa daerah, yaitu Drs. Adrizal, Drs. Novid Azda, MM, Dra Nurhepi, M.Si dan Drs Dahwirzal, MM.

Para mentor ini akan membimbing calon pengawas sekolah dalam hal teknis melakukan tugas kepengawasan. Jadi selama diklat ini calon pengawas sekolah mendapatkan bimbingan dan ilmu dari serangkaian kolaborasi yang baik antara instruktur LPPKSPS dan mentor yang telah berpengalaman

Begitu padatnya jadwal yang telah ditetapkan oleh LPPKSPS dalam penyiapan kompetensi calon pengawas sekolah dengan serangkaian kegiatan yang sangat variatif dan juga kerja keras dari panitia di Dinas Pendidikan Kota Solok diharapkan nantinya menghasilkan pengawas sekolah yang mumpuni dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan PermenPAN dan RB Nomor 21 Tahun 2010. (h)

Tags: , , , , , ,