Simulasi KSM Tingkat Kota Diikuti 12 Siswa MAN Kota Solok

Simulasi KSM Tingkat Kota Diikuti 12 Siswa MAN Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Plt. Kasi Pontren, H. Amril, meninjau kegiatan simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Madrasah Aliyah yang dilaksanakan di Labor Komputer MAN Kota Solok, Selasa (9/8).

H. Amril menyampaikan, dengan diadakannya simulasi Kompetisi Sains Madrasah tingkat Kota Solok diharapkan peserta didik MAN Kota Solok bisa melaksanakannya dengan baik, dan diharapkan peserta didik menjaga kondisi fisik dengan baik, serta selalu berdoa dan berusaha.

Kompetisi Sains Madrasah adalah sebuah ajang kompetensi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. KSM diselenggarakan mulai tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetensi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan tranparansi dalam pelaksanaan kompetisi. Peserta yang sudah didaftarkan madrasah kemudian sudah diverifikasi oleh Kantor Kementerian Agama Kab/Kota akan mengikuti KSM tingkat Kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada tanggal 13,14, 15 Agustus 2022.

Pada simulasi KSM tingkat kota ini diikuti oleh 12 siswa dari MAN Kota Solok dengan bidang mata pelajaran Sains terintegrasi Pendidikan Agama Islam yaitu, mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan Geografi.

Kegiatan Simulasi KSM tingkat Kota Solok dilaksanakan dalam tiga sesi, masing-masing sesi terdiri dari dua mata pelajaran dan dua orang peserta, sesi pertama dilaksanakan jam 07.30 – 09.30 WIB yaitu bidang mata pelajaran Biologi diikuti oleh Aisyah Nanda Geniya dan Amal Nur Rizki, dan mata pelajaran matematika diikuti oleh Rafi Hamdallah dan Salsabila Anindya Roses.

Untuk sesi kedua, dimulai jam 10.00 – 12.00 WIB yaitu bidang mata pelajaran Kimia, diikuti oleh Dian Maulida Rahman dan Muhamad Alqudri, mata pelajaran Fisika, Gusti Mutia Dela dan Rafif Hamdalilah, dan untuk sesi ketiga, dimulai jam 12.30-14.30 WIB bidang mata pelajaran, Geografi, Hiru Kurnia Ilahi dan Yazid Abdillah serta mata pelajaran Ekonomi, Nur Aini Zakiah dan Rizka Nurhidayah.

Simulasi KSM dilaksanakn secara online di lokasi masing-masing, dihadiri, Pengawas Madrasah, Staf Pendidikan Madrasah. (helda/randi)

Tags: ,