Sinergitas Petani dan Penyuluh Kota Solok

Sinergitas Petani dan Penyuluh Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka menyusun perencanaan penyuluhan pertanian yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan perlu dilakukan perencanaan yang baik oleh pihak yang terkait. Programa Penyuluhan adalah program penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian yang disusun secara sistematis dengan memperhatikan aspirasi pelaku utama dan pelaku usaha, serta pemangku kepentingan lainnya sebagai arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian. Penyusunan Programa Penyuluhan ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 47/Permentan/SM.010/9/2016.

Untuk itu, Kamis (20/2), bertempat di Aula Dinas Pertanian Kota Solok dilakukan penyusunan dokumen ini. Hadir dalam dalam acara ini Kepala Dinas Pertanian, Ikhvan Marosa, Kepala Bidang Penyuluhan, Zeldi Efiza, Kepala Seksi di Bidang Penyuluhan, seluruh penyuluh pertanian se Kota Solok dan 30 perwakilan petani Kota Solok.

Dalam laporan pelaksanaan acara, Zeldi Efiza menyampaikan, ” Bahwa tujuan penyusunan programa penyuluhan ini sebagai acuan bagi tim penyusun programa penyuluhan pertanian di setiap tingkat administrasi pemerintahan dalam menyusun rencana kerja dan rencana kegiatan tahunan penyuluh pertanian serta memberikan arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluhan pertanian,” sampai Zeldi.

Sementara itu, Ikhvan Marosa dalam arahan sekaligus pembukaan acara menyatakan bahwa programa penyuluhan ini harus diselesaikan pada bulan Februari setiap tahunnya sebelum forum OPD agar implementasi programa penyuluhan berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pertanian menyampaikan agar petani da penyuluh turut menyukseskan even-even yang diselenggarakan Pemerintah Kota Solok tahun ini dalam upaya mendukung Tahun 2020 sebagai tahun kunjungan ke Kota Solok. “Even Kontes Ternak Tingkat Kota Solok yang direncanakan pada akhir Maret, Festival Kopi Payo yang akan dilaksanakan pada tanggal 8-12 April 2020, Festival Jerami dan Panen Raya dalam rangka mendukung Penas Tani ke XVI pada tanggal 21 Juni 2020 yang direncanakan dilaksanakan di Sawah Solok,” jelas Kadis.

Acara penyusunan programa ini dipandu oleh Koordinator Penyuluh Kota, Nazifah yang dibantu oleh penyuluh programer tiap kecamatan. Dalam penyusunan programa penyuluhan ini dibahas dan diskusikan perencanaan penyuluhan dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap (PKS) petani dalam usaha tani. Penyusunan programa penyuluhan ini juga memasukkan aspek ekonomi, sosial dan budaya petani.

Seluruh peserta kegiatan penyusunan programa penyuluhan pertanian ini sangat antisias mengikuti kegiatan karena terkait upaya pemecahan masalah dalam usaha tani selama ini. Dengan adanya perencanaan untuk mencari solusi, mereka berharap dalam usaha taninya tidak menemui kendala di masa depan. (fa)

Tags: , , , , , , ,