Siskamling di Kelurahan PPA Berdampak Positif

Siskamling di Kelurahan PPA Berdampak Positif

Solok, (InfoPublikSolok) –  Pemuda Kelurahan Pasar Pandan Air Mati (PPA) kerjasama dengan Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat turut serta dalam menjaga keamanan lingkungan dalam bentuk menggiatkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) selama bulan ramadhan.

Budaya partisipasi warga ini dinilai cukup efektif meningkatkan keamanan di Kelurahan PPA.

“Pelaksanaan kegiatan Siskamling tersebut melalui Ronda malam setelah sholat terawih. Ronda adalah berjalan berkeliling (Patroli) untuk menjaga keamanan di Kelurahan Pasar Pandan Airmati, baik dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor,” kata Ketua Pemuda PPA, Erwindo, Jumat (10/5) malam.

“Patroli dilakukan setelah sholat tarawih dan selesai sampai waktu sahur masuk, masyarakat PPA senang dengan adanya Siskamling ini, Karena masyarakat merasakan ketertiban dan kenyamanan dari Siskamling ini,” ungkapnya.

“Ronda terbagi dalam beberapa kelompok patroli yang menyebar menjaga rumah warga di seluruh RW di Kelurahan PPA. Selain bertujuan untuk membantu polisi dalam mengantisipasi maling, Ronda juga dipercaya mampu mengurangi kenakalan remaja yang sering nongkrong tak jelas di waktu shalat tarawih,” sambungnya.

Sementara, Babinsa PPA, Jul Emento mengatakan Siskamling merupakan salah satu usaha dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat dalam mengantisipasi kemungkinan adanya hal buruk di wilayah PPA selama Ramadhan berlangsung.

“Kami selalu memberikan pengertian atau penjelasan atas manfaat ronda dalam Siskamling tersebut, yaitu untuk keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, terutama di kelurahan PPA,” ujarnya. (vp)

Tags: , , ,

%d blogger menyukai ini: