Siswa Kelas XII SMKN 1 Solok Ikuti Simulasi 2 Ujian Nasional Berbasis Kompetensi

Siswa Kelas XII SMKN 1 Solok Ikuti Simulasi 2 Ujian Nasional Berbasis Kompetensi

Solok, (InfoPublikSolok) – Sejumlah 441 orang siswa/siswi SMKN 1 Solok mengikuti simulasi kedua Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) yang dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 4 s.d 8 Februari 2019.

Simulasi ini dilaksanakan serentak secara nasional khusus untuk jenjang SMK dengan menguji mata pelajaran umum dan mata pelajaran produktif kejuruan. Dimana mata pelajaran umum yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris, serta mata pelajaran produktif kejuruan.

441 orang yang mengikuti simulasi ini merupakan siswa dan siswi kelas XII tersebar di lima program keahlian yang ada di SMKN 1 Solok, program keahlian Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Teknik Komputer dan Jaringan, dan Teknik Produksi Penyiaran Program Pertelevisian. Seluruh siswa dan siswi dari kelima jurusan ini terbagi dalam 3 sesi pelaksanaan simulasi dan tersebar di 6 laboratorium komputer yang ada di SMKN 1 Solok.

Dalam pelaksanaan simulasi ini, seluruh siswa dan siswi kelas X dan XI tetap melaksanakan proses belajar mengajar, karena ujian bersifat computer based dengan menggunakan laboratorium komputer hal ini tidak mengganggu jalannya PBM yang ada. Kegiatan simulasi ini diatur kedalam 3 sesi yang dengan waktu selama 120 menit persesinya. Sesi pertama dimulai pada pukul 07:30 – 09:30, sesi kedua pada pukul 10:30 – 12:30, dan sesi ketiga pada pukul 14:00 – 16:00.

Dengan simulasi ini, diharapkan seluruh siswa sudah mengenal dan menguasai peralatan serta sistem yang digunakan, dan juga tentunya sudah mendapat gambaran atau prediksi tentang tingkat kesulitan dan materi ujian yang akan muncul pada ujian nasional pada bulan maret yang akan datang.

Menurut Wilmafatra, M.Pd, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, simulasi ini merupakan ajang latihan dan mengenal aplikasi CBT (computer based test) yang digunakan secara online oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di pusat.

Karena sifatnya online, dilaksanakan serentak seluruh Indonesia untuk jenjang SMK dan dengan adanya simulasi ini siswa akan lebih mengenal dengan sistem dan peralatan yang digunakan sewaktu ujian nasional sebenarnya pada bulan maret nanti. (as)

Tags: , ,