Siswa MTsN Kota Solok Ikuti Kegiatan Workshop Robotik

Siswa MTsN Kota Solok Ikuti Kegiatan Workshop Robotik

Solok, (InfoPublikSolok) – 18 orang siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Solok mengikuti kegiatan workshop robotik. Kegiatan workshop tersebut dipandu langsung oleh instruktur robotik Nurul Aini, ST, yang berlangsung di ruang kelas MTsN Kota solok yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 26 & 27 November 2022.

Dalam workshop ini, seluruh peserta memakai sistem belajar langsung praktik dan diberi aplikasi untuk menjalankan robotikya sedangkan media yang dipakai miniatur rumah dari kardus. Dari kardus ini dapat menciptakan smart home atau rumah pintar. Kemudian siswa melaksanakn praktik secara langsung membuat alat pendeteksi cahaya, pendekteksi api dan melaksanakan simulasi, pengendaliannya melalui smartphone.

Siswa-siswi dari MTsN Kota Solok sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop tersebut. Mereka dapat mengekplorasi kemampuan mereka dalam memprogram robot agar dapat melewati berbagai rintangan. Salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut merasa sangat senang dengan pelatihan robotik.

”Senang sekali bisa mengikuti pelatihan robotik sekalian belajar pemprograman robotik bisa juga belajar bahasa Inggris,” ujar Nashifa.

Guru pendamping robotik MTsN Kota Solok, Defit Arison, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan menumbuhkan minat para siswa kepada dunia robotik karena robotik sangat baik untuk meningkatkan daya kreativitas siswa. “Dunia robotik itu sangat mengasyikkan, kita bisa berkreasi dalam merakit maupun memprogram robot sesuai dengan apa yang kita inginkan, selain itu juga dapat meningkatkan daya kreatifitas siswa,” tandas Defit.

Kepala MTsN Kota Solok, Hj. Ifra Yetriani sangat mendukung kegiatan tersebut, Ifra berpesan agar siswa dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber.

“Kami dukung kegiatan-kegiatan yang positif sebagai upaya pengembangan bakat dan minat siswa, jadikan kegiatan ini sebagai media pembelajaran untuk kemajuan madrasah. Semoga dengan kegiatan ini siswa MTsN dapat berkompetensi di ajang robotik tingkat provinsi dan tidak menutup kemungkinan bisa tingkat internasional,” ujar Kepala MTsN Kota Solok. (helda/Noval)

Tags: ,