Siswa SDIT Iqra’ Masuk Nominasi Terbaik Lomba Bercerita Tingkat Sumbar

Siswa SDIT Iqra’ Masuk Nominasi Terbaik Lomba Bercerita Tingkat Sumbar

Padang, (InfoPublikSolok) – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Provinsi Sumatera Barat mengadakan Lomba Bercerita SD/MI tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 di Hotel Axana Padang pada Rabu (10/7) lalu.

Lomba tersebut mengusung tema “Menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreatifitas dan inovasi generasi muda Indonesia”.

Kegiatan lomba ini merupakan upaya untuk tetap menjaga kearifan lokal Sumatera Barat melalui cerita-cerita dan legenda setempat agar tidak hilang tertelan zaman. Harapan dari perlombaan ini, para peserta turut serta dapat menjadi duta untuk melestarikan budaya Minangkabau.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok mengirim peserta atas nama Wardah Izzati Q dari SDIT Iqra’. Dia merupakan pemenang lomba bercerita tingkat Kota Solok Tahun 2019, cerita yang dibawakan dalam lomba tingkat provinsi dengan judul cerita Batu Patah Payo.

Batu Patah Payo dipilih untuk mengenalkan dan menjelaskan tradisi dan budaya dan untuk melihat latar belakang budaya (nilai-nilai kearifan lokal) yang berkembang pada masyarakat tradisi masa lalu di Kota Solok, khususnya latar belakang budaya tradisi Payo Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah.

Dalam perlombaan Wardah Izzati Q didampingi oleh Kabid Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dra. Weni Oktiarni, M.Pd, Kasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Legriani, S.Sos dan juga didampingi Pustakawan Sevri Febiona, S.Sos.

Weni Oktiarni mengatakan bahwa hasil lomba dewan juri telah memilih 6 peserta terbaik terdiri dari Kota Solok, Padang Pariaman, Kab. Agam, Kota Bukittinggi, Kab. Pasaman Barat, dan Kota Payakumbuh.

“Untuk menentukan pemenang dari 6 peserta tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat kembali akan menyelenggarakan lomba bercerita pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2019 mendatang. Pemenang tingkat provinsi ini, akan diutus mewakili Provinsi Sumatera Barat mengikuti Lomba Bercerita tingkat Nasional Tahun 2019,” terangnya.

Senada dengan itu, Legriani, S.Sos selaku Kasi Pembudayaan Kegemaran Membaca berharap Kota Solok bisa meraih prestasi sebagai pemenang lomba bercerita tingkat provinsi ini. “Untuk meraih harapan tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok akan melakukan pembinaan secara intensif kepada anak kita Wardah Izzati Q,” tekadnya. (kd)

Tags: , , ,

%d blogger menyukai ini: