SMA 4 Solok Tuan Rumah PENTAS PAI

SMA 4 Solok Tuan Rumah PENTAS PAI

Solok, (InfoPublikSolok) – Seluruh SMA dan SMK Se-Kota Solok mengikuti kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) tingkat Kota Solok tahun 2019 yang bertempat di Mushalla SMA Negeri 4 Kota Solok, Sabtu (13/4/2019).

PENTAS PAI merupakan wahana kompetisi dalam mengaktualisasikan dan menumbuh kembangkan minat serta bakat peserta didik untuk menerima, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Cabang yang dilombakan dalam PENTAS PAIS meliputi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Pidato dan Nasyid. Para pemenang akan mengikuti PENTAS PAI tingkat Provinsi Sumatera Barat pada bulan Juni mendatang.

Pembukaan acara PENTAS PAI tersebut dihadiri oleh Kabag Kesra Pemko Solok, Heppy Darmawan, Ketua DPRD Kota Solok yang diwakili oleh,Nasril In Dt Malintang Sutan, Kasi PAIS Kemenag Kota Solok, H. Amril dan seluruh peserta dan pendamping yang berasal dari SMA dan SMK yang ada di Kota Solok.

Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Kota Solok, Amril, S.Ag dalam arahannya sangat mengapresiasi dengan terselenggara PENTAS PAI di Kota Solok.

“Kita berharap dalam PENTAS PAI yang digelar sekali dalam dua tahun ini dapat mewujudkan generasi muda berkarakter yang akan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam kehidupannya sehari-hari,” harapnya.

Lebih lanjut, Amril berharap pada Pemko Solok dan DPRD Kota Solok untuk bisa mengganggarkan dana untuk pelaksanaan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama isLam di Kota Solok.

“Saat ini Panitia hanya menjadikan sumber dana kegiatan melalui iuran masing-masing sekolah saja yang didapat dana sebanyak Rp. 6 juta,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan ke depannya bisa bersama-sama bersinergi dalam membangun Pendidikan Agama Islam di Kota Solok dengan pondasi nilai-nilai agama serta tetap konsisten dan selalu menjadi garda terdepan dalam rangka menyukseskan visi dan misi kota Solok menuju Kota Beras Serambi Madinah,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Nasril In Dt. Malintang Sutan, yang mewakili Ketua DPRD sangat menyambut baik digelarnya PENTAS PAI tersebut sebagai ajang yang sejatinya untuk memotivasi para siswa, sehingga mereka semakin tekun belajar sehari-hari dengan mempersiapkan diri tidak saja untuk mengikuti lomba tapi terutama menjadi insan yang cerdas dan religius.

Disamping itu, Nasril In berharap melalui kompetisi ini dapat membentuk sikap mental dan ukhuwah antar sesama peserta, guru dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Kita juga berharap melalui PENTAS PAI yang dikemas dalam bentuk kompetisi memberikan motivasi kepada peserta didik lebih bersemangat lagi mempelajari dan mencintai pelajaran pendidikan agama Islam,” harapnya.

“Kepada anak-anak para peserta mari berlombalah dengan jujur, ikhlas dan sportif serta menjunjung tinggi nilai ukhuwah diantara kita,” pesannya.

Nasril In juga berpesan agar siswa-siswi untuk menjauhi Narkoba dan semoga dengan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam ini bisa membentuk karakter dan sikap spiritual generasi muda sejak dini menjadi generasi Qur’ani.

“Kami sebagai wakil rakyat akan berusaha untuk menganggarkan melalui APBD untuk kegiatan yang sangat memberikan dampak positif bagi anak-anak kita,” pungkas Nasril In. (wh)

Tags: , , ,