SMAN 2 Solok Laksanakan Studi Edukasi Menuju Negara Tetangga

SMAN 2 Solok  Laksanakan Studi Edukasi Menuju Negara Tetangga

Solok, (InfoPublikSolok) – SMAN 2 Solok melakukan studi edukasi ke 3 negara,Malaysia,Thailand dan Singapura selama 6 hari, mulai tanggal 13 Januari sampai dengan 18 Januari 2020. Kunjungan pertama adalah mengunjungi Konsulat Republik Indonesia Di Provinsi Songkhla,Thailand. Disana rombongan SMAN 2 Solok yang terdiri dari 44 orang siswa kelas X dan XI serta 9 orang guru diterima oleh Konsulat Indonesia.

Dalam acara ramah tamah tersebut Konsul melakukan sesi tanya jawab dengan siswa SMAN 2 Solok beserta guru. Diantara nasehat yang diberikan oleh Konsul RI tersebut kepada siswa SMAN 2 Solok adalah tentang kunci sukses dalam hidup. Ada 5 kriteria yang dijelaskan agar siswa-siswa dapat meraih kesuksesan dalam hidup yaitu: Disiplin, komitmen,fokus,daya tahan dan timeline. Selain itu Kondul RI juga banyak memberi motivasi dengan menceritakan pengalaman hidup staf dan pegawai  yang bekerja di Konsulat RI di Songkhla agar siswa-siswa SMAN 2 Solok dapat mengambil pengalaman dan hikmah dari kisah perjuangan mereka.

Sementara di malaysia, rombongan SMAN 2 Solok mengunjungi 1 Lembaga bahasa dan 2 Universitas yakninya International TEFL Training Institute (ITTI) yang merupakan Lembaga pelatihan bahasa Inggris yang sertifikatnya berstandar Internasional. Di ITTI ini siswa dapat memilih program pelatihan mulai dari 3 bulan,6 bulan dan paling lama 12 bulan. Kunjungan selanjutnya adalah ke Berjaya University dan Alfa College University. Kedua Universitas ini berkonsep city campus.

Di Kampus Alfa College University siswa SMAN 2 Solok berkesempatan menampilkan tarian tradisional minangkabau yaitu tari piring dan tari panen. Kedua tarian tersebut mampu menyedot perhatian seluruh civitas akademika Alfa college University yang berasal dari berbagai ras yang ada didunia.  Hal ini dapat terlihat dari antusiasme dan tepuk tangan yang mereka berikan ketika siswa-siswi SMAN 2 Solok tampil dan hampir sebagian besar mengabadikan moment ini dengan merekam melalui kamera pintar mereka.

Kepala SMAN 2 Solok menjelaskan, “Dengan adanya kunjungan ke Universitas-Universitas di Malaysia kami berharap siswa-siswi SMAN 2 Solok mendapatkan pengalaman berharga dan terbuka matanya tentang bagaimana pendidikan di luar negeri” ungkap  Ujang Sayuti,S.Pd,M.Pd yang ikut dalam rombongan tersebut.

Kami mengharapkan mereka mampu menangkap peluang-peluang dan kesempatan dalam menentukan masa depan mereka nantinya lewat studi pada jurusan di Universitas yang mereka dambakan. Di sisi lain tujuan kunjungan ini adalah sebagai laboratorium langsung dimana siswa dapat melihat bagaimana budaya warganegara tetangga dalam memajukan negaranya, seperti budaya disiplin, menghargai dan memaksimalkan waktu, budaya menjaga kebersihan dan ketertiban. Dan diharapkan mereka dapat meniru karakter baik dari negara tetangga untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di negara tercinta Indonesia terkhusus di lingkungan tempat tinggalnya nanti. (tn)

Tags: , , , , , , , ,