SMAN 2 Solok Penyelenggara Olimpiade Sains Kota (OSK) 2019

SMAN 2 Solok Penyelenggara Olimpiade Sains Kota (OSK) 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – SMAN 2 Solok dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Olimpiade Sains Kota (OSK) khusus jenjang SMA tingkat Kota Solok tahun 2019 yang berlangsung mulai Rabu (27/2/2019) di kampus SMAN 2 Solok.

OSK diikuti oleh SMA negeri maupun swasta yang ada di kota Solok yakninya, SMAN 1,SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMA Muhammadiyah dan SMA Al Mumtaz. Adapun bidang yang dilombakan adalah mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Geografi, Kebumian dan TIK.

Ketua Pelaksana kegiatan yang juga merupakan Kepala SMAN 2 Solok, Ujang Sayuti, M.Pd melaporkan pada acara pembukaan bahwa jumlah peserta yang mengikuti OSN kali ini adalah sebanyak 192 peserta dari sembilan bidang yang diujikan.

Adapun peserta yang mengikuti seleksi OSK kali ini adalah siswa-siswa terbaik dari masing-masing sekolah yang telah diseleksi sebelumya di sekolah masing-masing lewat jalur OSS (Olimpiade Sains Tingkat Sekolah), begitu pula dengan pengawas ruang ujian diambilkan dari guru-guru pembina Olimpiade Sains perwakilan dari masing-masing sekolah yang mengikuti seleksi OSK tersebut.

Acara OSK Tingkat Kota Solok dibuka oleh Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah III, pada kesempatan ini diwakili oleh, Drs Asrizal, MM. Dalam sambutannya, Asrizal menegaskan bahwa kegiatan ini adalah sebagai wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif dan tekun.

Asrizal berharap melalui OSK ini akan diperoleh siswa terbaik dari Kota Solok yang akan berkompetisi lagi di ajang OSN tingkat provinsi yang akan diadakan pada tanggal 9 s/d 11 April 2019 di Padang. Selain itu, lanjutnya, OSN kali ini juga untuk mengukur kesiapan guru dalam membina siswa-siswanya untuk menghadapi Olimpiade Sains ini.

“Dengan pembinaan yang terencana dan siap maka akan dihasilkan siswa-siswa yang mampu bersaing sampai ke olimpiade sains tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara itu, semua peserta OSK kali ini akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa mereka adalah siswa yang mempunyai talenta yang bagus dalam bidang sains karena telah melewati tahap seleksi di tingkat sekolah dan mengikuti seleksi di tingkat kota.

Seleksi kali ini digunakan untuk menyaring siswa yang akan mengikuti Olimpiade Sains Tingkat Provinsi bulan April mendatang dimana untuk  tiap bidang lomba akan dirangking 3 terbaik yang akan mengikuti OSN Tingkat provinsi nantinya. (tn)

Tags: , , , ,