SMKN 3 Solok Gandeng KPU Kota Solok Terapkan Pemilos

SMKN 3 Solok Gandeng KPU Kota Solok Terapkan Pemilos

Solok, (InfoPublikSolok) – SMK Negeri 3 Kota Solok gandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok dalam PEMILOS (Pemilihan Ketua Osis) Periode 2019 – 2020 pada, Senin (28/10/2019) .

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil dan beberapa perwakilan staf KPU ini siswa juga turut diberikan edukasi mengenai prosedur proses pemilihan umum (Pemilu) dengan tujuan agar mereka dapat belajar tata cara berdemokrasi yang baik, serta belajar menghargai perbedaan pilihan sejak dini,

Kegiatan yang bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diawali dengan pelaksanaan upacara bendera dengan Pembina upacaranya adalah ketua  KPU Kota Solok. Dalam kesempatan ini ketua KPU sekaligus memberikan apresiasi kepada SMKN 3 Solok berupa piagam atas partisipasi dan fasilitasinya dalam menyukseskan pemilu tahun 2019 dengan partisipasi pemilih mencapai 86 %.

Menurut Waka Bidang Kesiswaan, Munah Rahmawati, Kedatangan KPU dalam PEMILOS ini memberikan pencerahan dan motivasi kepada siswa dalam melaksanakan pemilu layaknya pesta demokrasi di Indonesia.

“ Semoga kedepannya pesta demokrasi mini di SMKN 3 Solok ini dapat berjalan lancar tiap tahunnya dan lebih baik lagi pelaksanaannya. Sehingga dihasilkan Ketua OSIS yang dapat merangkul seluruh anggota OSIS untuk mematuhi peraturan sekolah, membantu program dan kebijakan sekolah serta memajukan dan membawa nama baik sekolah ” tambah Munah.

Koordinator PEMILOS, Adrita Gusdilla,menyatakan bahwa ini merupakan PEMILOS perdana di SMKN 3 Solok yang sesuai dengan standar PEMILU KPU, mulai dari skema pendaftaran, seleksi berkas, kampanye, debat, pemilihan hingga pelantikan. Hal positif yang diperoleh siswa adalah mereka dapat belajar berdemokrasi dan mengetahui alur pemilihan calon pemimpin.

Selama PEMILOS kali ini, siswa tampak cukup antusias dalam menjalani serangkaian prosedur pemilihan yang ada. Dari hasil penghitungan suara diperoleh suara sebagai berikut: untuk Paslon nomor urut (1) M. Ilal Sinaga dan Dewi Indah memperoleh suara sebanyak 236 suara; Paslon no urut (2) Ginal Ilmi Dani dan Rega Armando memperoleh suara sebanyak 144 suara, suara tidak sah sebanyak 21 suara dan Golput sebanyak 2 suara. Dengan demikian maka pasangan nomor urut (1) M. Ilal Sinaga dan Dewi Indah terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMKN 3 Solok periode 2019-2020. (ta)

Tags: , , , , ,