SMP N 1 Solok Gelar Pemilu

SMP N 1 Solok Gelar Pemilu

Solok, (InfoPublikSolok) – Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMP N) 1 Solok menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) dalam rangka pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa bakti 2019-2020, bertempat di Gedung SMP N 1 Solok, Sabtu (14/09). Kegiatan Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini bertujuan sebagai pembelajaran bagi siswa-siswa tentang cara berdemokrasi dalam memilih pemimpin.

Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS pada tahun ini diikuti oleh tiga pasang calon, nomor urut satu atas nama Wulan dan Aulia, nomor urut dua Revan dan Anisa, nomor urut tiga Rafli dan Zafran. Para siswa-siswi yang bisa mencalonkan diri sebagai Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS adalah yang bisa memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Sebelum pemilu dilaksanakan ketiga calon ini terlebih dahulu melakukan kampanye dihadapan seluruh warga SMP N 1 Solok.

Kegiatan ini berlangsung di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni TPS 1 di gedung 1 dan TPS 2 di gedung 2 dengan jumlah daftar pemilih sebanyak 1120 siswa dan siswi SMP N 1 Solok. Selama kegiatan Pemilu berlangsung tampak siswa sudah mulai melakukannya dengan tertib. Hal ini terlihat pada saat mereka mengantri menunggu untuk menuju kotak suara.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP N 1 Solok difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok dan ini adalah yang kedua setelah tahun kemarin. KPU Kota Solok memfasilitasi kotak suara, bilik suara, paku coblos dan busa coblos.

Beberapa siswa mengaku sangat antusias dan senang dengan diadakannya Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini, karena siswa dapat mengetahui cara-cara pemilu yang negara laksanakan dalam lima tahun sekali.

Kepala SMPN 1 Solok, Hj. Yuldarmi, S.Pd. sebelum pelaksanaan Pemilu menyampaikan “Pemilu ini merupakan kegiatan pembelajaran berdemokrasi dan bernegara bagi ananda kami, karena nanti ananda setelah dewasa atau berumur 17 tahun akan ikut serta dalam pemilihan umum, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan anggota DPR/MPR/DPD/DPRD,” ujarnya.

“Laksanakanlah pemilihan umum ini sesuai dengan prinsip pemilu yaitu  Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil atau kita kenal dengan LUBER JURDIL. Selamat berdemokrasi semoga nanti terpilih pemimpin-pemimpin yang terbaik,” kata Yuldarmi. (af)

Tags: , , , ,