SMPN 4 Kota Solok Jalin Kemitraan Dengan Empat Instansi

SMPN 4 Kota Solok Jalin Kemitraan Dengan Empat Instansi

Solok, (InfoPublikSolok) – Pendidikan yang dilaksanakan di sekolah mengacu pada delapan standar Pendidikan Nasional, salah satunya standar pengelolaan. Pada standar pengelolaan salah satu indikator keberhasilannya adalah sekolah mampu menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang relevan berkaitan dengan proses pembelajaran, penilaian dan pengelolaan.

Merujuk pada hal inilah SMPN 4 Kota Solok selalu berusaha menjalin kemitraan dengan banyak lembaga lainnya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah agar kualitas pendidikan di SMPN 4 Kota Solok juga semakin meningkat. Banyak kemitraan yang sudah terjalin dan direalisasikan dalam berbagai kesempatan.

SMPN 4 Kota Solok dalam satu minggu terakhir dapat merealisasikan kemitraan yang sudah terjalin selama ini dengan 4 instansi lainnya. Kemitraan dengan Dinas Kependudukan dan KB Kota Solok dengan kegiatan memberikan sosialisasi bahaya narkoba bagi anggota Pusat Informasi Kesehatan Remaja (PIK-R) SMPN 4 Kota Solok pada hari Kamis (15/8/19). Kegiatan yang diikuti oleh 26 orang anggota PIK-R ini dilaksanakan di Mushala SMPN 4 Kota Solok karena sekolah belum memiliki aula untuk melaksanakan kegiatan.

Kegiatan yang berlangsung selama lebih kurang 3 jam ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dispenduk KB) dan Polres Solok Kota sebagai pemberi materi dan 3 orang duta Genre, yaitu Duta Genre Putri Sumatera Barat 2019, Duta Genre Kota Solok 2019 dan Duta Genre Photogenic. Putra Kota Solok 2019 yang ikut memberikan motivasi kepada PIK-R SMPN 4 Kota Solok serta 4 orang guru SMPN 4 sebagai pendamping PIK-R. Kegiatan ini berjalan dalam suasana akrab dan diikuti dengan penuh antusias oleh seluruh peserta.

Kemitraan kedua yang selama ini sudah terjalin dengan Bagian Hukum dan HAM Pemerintah Kota Solok yang saat ini direalisasikan dalam bentuk penyuluhan tentang Hukum kepada siswa pada hari Senin (19/8/19). Kemitraan ini sudah berlangsung lama dan kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Sama seperti kegiatan sebelumnya, penyuluhan ini dilaksanakan juga di Mushala SMPN 4 Kota Solok yang ditujukan pada seluruh siswa kelas tujuh.

Kemitraan yang ketiga, merupakan kemitraan yang sudah berlangsung rutin setiap tahunnya yaitu dengan Puskesmas Tanah Garam. Banyak bentuk kegiatan yang dilaksanakan, salah satunya yang dilaksanakan pada hari Rabu (21/8/19). Puskesmas Tanah Garam khususnya bekerjasama dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap siswa kelas tujuh, meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, kesehatan mata, telinga dan lainnya.

Kemitraan yang terakhir yaitu Jum’at (23/8/19), terjalin dengan tim Ruang Guru, yang mensosialisasikan programnya pada seluruh siswa. Tim yang beranggotakan 15 orang ini masuk ke tiap kelas dan mengajarkan cara mengakses program Ruang Guru. Ruang Guru merupakan sebuah program yang memfasilitasi siswa dalam menguasai pelajaran dengan mudah dan dengan berbagai metode yang menarik. Sekolah memfasilitasi kegiatan ini dengan harapan siswa dapat terbantu dalam menguasai pelajaran sehingga prestasi mereka dapat meningkat.

Masih banyak kemitraan lain yang dilakukan oleh SMPN 4 Kota Solok, namun yang terealisasi dalam satu minggu terakhir ini semoga membawa kemajuan bagi SMPN 4 Kota Solok dalam rangka mendidik anak-anak bangsa, harapan dari ibu Arniwati. NZ, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 4 Kota Solok. (h)

Tags: , , ,