Sokan Bike Berbagi Untuk Sesama

Sokan Bike Berbagi Untuk Sesama

Solok, (InfoPubikSolok) – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diambil oleh Pemerintah Kota Solok, mengakibatkan dampak sosial maupun ekonomi bagi masyarakat terlebih penduduk yang kurang mampu. Hal ini lah yang membuat komunitas Solok Kareta Angin Ndaki (SOKAN) beranggotakan 20 orang yang digawangi oleh Saudara Surya Hidayat, untuk bergerak menggalang dana guna meringankan beban ekonomi tersebut, Selasa (12/5/2020).

Gerakan yang pada awalnya digagas oleh H. Sefajri (Pak Eri Tanah Air) dan Fahmi Etibad Textile yang merupakan anggota SOKAN, berupa pemberian paket sembako dengan nilai per paketnya @Rp.100.000.- untuk diserahkan kepada masyarakat yang dirasa berhak menerimanya. Selain partisipasi dari anggota klub, bantuan sembako juga dihimpun oleh personil Sokan Bike dari Para Donatur, diantaranya Toko Buku Tanah Air, Toko Obat Romeo, Toko Bunda, Toko Etibad Textile, Toko Atlanta Sport, Toko Sepeda Suka Damai Dokter Helwi, Rekanan Pemda, Pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Solok dan banyak donatur lainnya yang tidak tersebutkan namanya. Sedangkan untuk teknis pendistribusiannya dengan cara anggota sokan bersepeda (gowes) menyusuri pinggiran kota dan kab solok, dimana ada rumah warga yang dirasa layak menerima bantuan, sepeda langsung berhenti dan bantuan segera diserahkan.

Pada hari pertama pengumpulan dana, hanya ada sekitar 30 Paket saja dan langsung didistribusikan pada Minggu (10/5/2020) sore menjelang berbuka puasa,  malam harinya hasil beberapa orang membagikan dokumentasi kegiatan tersebut di group WhatsApp. “Alhamdulillah respon kawan-kawan lainnya luar biasa, mereka seolah tersentak dengan bahu membahu menghimpun tambahan donatur dari pihak lain, ada yang menelpon sanak familinya, ada yang menelepon teman dan sahabatnya,” tutur Surya.

“Yang membuat saya terharu pada malam itu juga terkumpul Rp.6.000.000,- (enam juta rupiah) atau 60 Paket sembako, ini sungguh aksi mulia yang luar biasa, beramal dengan tetap melaksanakan hobi bersepeda,” tambah Surya.

Lebih lanjut Surya menerangkan, pada hari kedua pembagian paket bantuan sembako tidak hanya dilakukan oleh klub sepeda SOKAN, tapi juga dibantu oleh klub sepeda JMB (Jala Laiang Mountain Bike)  dan BASOKA (Bareh Solok Kareta Angin). Kegiatan dimulai pada Sore hari jam 16.30 WIB, langsung diantar dengan bersepeda ke target lokasi yang dituju, sehatnya dapat, amalnya insya Allah juga didapat, yang penting dilakukan denngan niat Ikhlas karena Allah.

Sambil bersepeda kami melihat ada keluarga yang kurang mampu, kami berhenti dan langsung memberikan sembako yang ada dalam ransel, kami merasa inilah yang membuat kawan-kawan dari SOKAN dan para Donatur memberikan bantuannya, karena apa yang diberikan itu tepat sasaran. Sampai berita ini diturunkan, bantuan dari donatur terus mengalir dengan deras, hal ini membuat kami bertambah semangat dalam menjalankan ibadah puasa sambil terus berbagi.

Pada kesempatan yang sama Eri juga menyampaikan bahwa pembagian paket sembako ini langsung dipimpin oleh Jefrizal (Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kota Solok) selaku Ketua Pengcab ISSI Kota Solok. Jumlah total sembako yang sudah terkumpul sampai hari ini Selasa 12 Mei 2020, ± sebanyak 100 Paket.

Acara ini akan kami lakukan setiap hari, selagi sembako ini masih ada tetap akan kami salurkan.  Saya dan rekan-rekan yakin total paket sembako ini sampai ramadhan 1441 H ini berakhir akan mencapai 200 Paket dan untuk gerakan ini kami mempunyai Motto “Kito bergerak karano kito peduli, kito babagi karano kito samo samo umat Nabi, kito berbakti bukan untuk dipuja puji, tapi semata hanya berharap Ridho Illahi “ tutup Pak Haji Eri Tanah Air. (eg/sri)

Tags: , , , , , , , , ,