Solok Fashion Festival, Upaya Mengenalkan Desain Batik Khas Kota Solok

Solok Fashion Festival, Upaya Mengenalkan Desain Batik Khas Kota Solok

Solok, (infoPublikSolok) – Dinas Pariwisata Kota Solok kembali melaksanakan kegiatan Sumarak Anak Nagari, Sabtu (20/4/2019) di halaman Rumah Gadang Simpang Denpal.

Kegiatan kali ini tidak hanya penampilan kesenian dari berbagai sanggar seni yang ada di Kota Solok, tetapi juga dimeriahkan dengan pengumumam Lomba Fashion Show Baju Basiba, Pengumuman Pemenang Solok Fashion Festival serta pengukuhan Asosiasi Rumah Gadang Kota Solok.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota, Reinier ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Solok, Nasril In Dt. Malintang, Ketua GOW Ny. Elfia Reiner, Ketua LKAAM H. Rusli Khatib Sulaiman, Wakil Ketua Bundo Kanduang, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Kepala Sekolah serta ratusan warga masyarakat Kota Solok.

Kepala Dinas Pariwisata, Elvy Basri, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satunya untuk terus menggali potensi yang dimiliki masyarakat Kota Solok untuk dapat menciptakan desain batik khas Solok, sehingga nantinya bisa bersaing di pasar internasional.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Solok menyampaiakan bahwa Pemerintah mendukung sekali setiap kegiatan yang memiliki nilai positf bagi perkembangan Kota Solok kedepan.

Wawako mengajak seluruh masyarakat agar sama-sama terus mendukung kegiatan fashion ini sebagai salah satu program pemerintah yang sesuai dengan Kota Solok Serambi Madinah, yaitu dengan adanya lomba desain batik dan desain pakaian muslimah casual.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi industri batik khas daerah kota Solok, sehingga dapat menjadi peluang usaha, meningkatkan investasi dan terus bisa meningkatkan SDM bagi pelaku ekonomi kreatif khususnya sektor Fashion,” ujar Reinier saat menutup sambutannya.

Pada kesempatan ini Wakil Walikota juga berkesempatan melantik secara langsung pengurus Asosiasi Rumah Gadang Kota Solok.

Penonton juga berdecak kagum menyaksikan Fashion Show yang menampilkan pakaian hasil karya desainer terkenal yang juga sudah merambah dunia model Internasional Doni Rahman dan Riko Keket yang juga merupakan juri dalam kegiatan “Solok Fashion Festival”.

Penampilan Fashion Show yang ditampilkan oleh peserta Lomba Baju Kurung Basiba juga menyedot perhatian pengunjung. (sn)

Tags: , , , , ,