Sosialisasi dan Koordinasi Pramuka Penegak dan Pandega Kota Solok

Sosialisasi dan Koordinasi Pramuka Penegak dan Pandega Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) mengadakan agenda sosialisasi dan koordinasi Pramuka Penegak dan Pandega di Aula Dinas Pertanian Kota Solok, Sabtu (18/9/2021).

Kegiatan yang dihadiri 70 orang peserta perwakilan Pramuka Penegak Pandega se-Kota Solok, terdiri dari Dewan Kerja Cabang, Dewan Kerja Ranting Lubuk Sikarah, Dewan Kerja Ranting Tanjung Harapan, Dewan Racana, Dewan Ambalan dan Dewan Satuan Karya Pramuka.

Satuan Karya (Saka) Pramuka turut dihadiri oleh Saka Taruna Bumi, Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada dan Saka Adhyasta Pemilu.

Ketua pelaksana, Aditya Ferdano dalam pengantarnya mengatakan Kegiatan sosilaisai tatap muka ini diadakan bertujuan untuk terciptanya komunikasi yang baik antar satuan Pramuka dan mempersatukan persepsi tentang sistem di masing-masing satuan dan terciptanya pengelolaaan yang baik di satuan.

“Kita ketahui bersama, selama masa pandemi kegiatan-kegiatan kepramukaan terhenti, kami semua sudah rindu dengan kegiatan-kegiatan di lapangan, semoga ini menjadi ajang saling kenal dan menjadi awal dari kegiatan pramuka ke depannya,” ungkapnya.

Sosialisasi dan koordinasi ini dibuka oleh ketua Harian Kwarcab, Kak Wadirman didampingi Waka Bina Muda, Kak Zulkarnaini, Bendahara Kwarcab Kak Indrayani, hadir juga unsur pimpinan Saka Adhyasta Pemilu Kak Budi Sentosa.

Dalam sambutannya, Ketua Harian menyampaikan, acara sosialisasi ini merupakan kegiatan perdana secara tatap muka langsung di masa pandemi.

“Sudah setahun lebih Pramuka membatasi aktivitasnya, maka dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat kita adakan kegiatan ini agar kegiatan kepramukaan kembali aktif,” kata Kak Wardiman.

“Semoga nantinya setelah kegiatan ini adik-adik akan dapat pembekalan dari narasumber untuk dikembangkan di satuan masing-masing, kita semua berharap ke depannya pandemi covid-19 segera berakhir dan kegiatan Pramuka kembali aktif seperti biasanya dan kita dapat malaksanakan kegiatan-kegiatan kepramukaan,” harapnya.

Selanjutnya, kegiatan ramah tamah yang dipandu oleh Wakil Sekretaris, Kak Jefri Hariyanto, diawali perkenalan pengurus baru Kwarcab yang hadir dilanjutkan diskusi dan tanya jawab dengan seluruh peserta mengenai program kegiatan ke depannya.

Para peserta juga mendapat pembekalan materi dari Kak Rahmat Febrian sebagai pemateri dengan tema manajemen pengelolalan dewan satuan Pramuka Penegak dan Pandega di satuan masing-masing.

Disela-sela materi, hadir Ketua Kwarcab yang juga merupakan Wakil Walikota Solok Kak Ramadhani Kirana Putra yang berkunjung untuk bertemu dengan adik-adik Pramuka untuk memberikan motivasi dan semangat.

“Adik-adik merupakan generasi hebat, mudah-mudahan kita akan bersama ke depannya, saling berkolaborasi bersama dewan kerja, perangkat Kwarcab untuk membangun generasi hebat melalui organisasi Pramuka, karena Pramuka merupakan labor pendidikan generasi muda,” kata Ketua Kwarcab dalam kesempatan itu.

“Mari kita gelorakan semangat latihan Pramuka di masing-masing gugus depan, jangan merasa minder dan malu, adik-adik harus percaya diri, kami dari Kwarcab membuka diri untuk melaksanakan kegiatan yang menyenangkan, walau masih banyak rintangan atau halangan, karena semakin menipisnya kemauan di gugus depan untuk bergabung dengan Pramuka,” pungkas Ketua Kwarcab. (js)

Tags: ,