Sosialisasi Keamanan Pangan bagi Siswa SMP & SMA

Sosialisasi Keamanan Pangan bagi Siswa SMP & SMA

Solok, (InfoPublikSolok) Dengan mengkonsumsi pangan yang aman bebas dari segala cemaran, kita berharap dapat terwujud generasi penerus yang kuat, sehat dan cerdas yang merupakan penentu keberlangsungan bangsa.

Harapan tersebut disampaikan oleh Kusnadi, Kepala Dinas Pangan Kota Solok dalam Acara Sosialisasi Keamanan Pangan yang diikuti oleh perwakilan siswa SMP dan SMA se-Kota Solok bertempat di Aula SMP 5 Kota Solok, Kamis (25/7/19).

Acara tersebut, diselenggarakan oleh Dinas Pangan Kota Solok dengan menghadirkan dua orang narasumber Yon Firman, S.Si. Apt dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dan Dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kota Solok.

Dalam pembukaan acara Kusnadi menyampaikan dengan adanya acara Sosialisasi Keamanan Pangan ini, diharapkan nantinya siswa-siswi di sekolah dapat selalu mengkonsumsi pangan yang aman dan sehat.

“Makanan yang aman artinya bebas dari segala cemaran seperti cemaran biologis, kimia, benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat,” ujar Kadis.

Lebih lanjut Kusnadi mengajak seluruh pihak untuk mengawasi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS). “Mari kita bersama-sama mengawasi PJAS agar terbebas dari semua cemaran yang dapat membahayakan kesehatan anak-anak kita,” imbaunya.

Yon Firman narasumber dari BBPOM menyampaikan materi tentang pangan yang aman untuk anak sekolah, sedangkan. Hiddayaturrahmi dari Dinas Kesehatan Kota Solok memberikan penjelasan tentang dampak mengkonsumsi pangan yang tidak aman terhadap kesehatan.

Pangan jajanan di lingkungan sekolah dapat berasal dari kantin sekolah atau dari penjual pangan keliling di luar sekolah. PJAS dari manapun siswa membelinya harus aman dikonsumsi.

Kantin dan lingkungan sekolah, termasuk pekerja dan peralatan harus terjaga kebersihannya seperti tangan pekerja, peralatan, dan semua permukaan kontak pangan yang kotor dapat menjadi sumber cemaran yang sifatnya langsung dapat mencemari pangan. Pemasakan yang sempurna dan penyajian pangan yang baik juga merupakan praktek yang harus diterapkan di kantin secara konsisten. (rab)

Tags: , , , , ,