Sosialisasi Kelurahan Siaga Aktif Hidup Bersih dan Sehat

Sosialisasi Kelurahan Siaga Aktif Hidup Bersih dan Sehat

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan VI Suku melaksanakan Sosialisasi Kelurahan Siaga Aktif di Aula Kantor Lurah VI Suku Jl. Kapten Marah Yulius No.2 Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Senin (14/10/2019). Dengan menghadirkan nara sumber dari Eka Fitri Muslim dari Dinas Kesehatan Kota Solok.

Acara tersebut dibuka oleh Lurah VI Suku yang diwakili Kasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kelurahan VI Suku, Ismarni, yang diikuti oleh Petugas Pusat Kesehatan Kelurahan (Puskeskel), Pengurus Kelurahan Siaga Kelurahan VI Suku, Para Kader dan Tokoh Masyarakat.

Kasi Kesra dalam sambutan Lurah VI Suku menjelaskan Kelurahan Siaga merupakan Kelurahan yang memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan (bencana dan kegawat daruratan kesehatan secara mandiri). Tiga unsur penting dengan adanya Kelurahan Siaga Aktif yaitu pelayanan kesehatan dasar, pemberdayaan masyarakat dan perilaku hidup bersih sehat,

“Dengan pelaksanaan kegiatan Kelurahan Siaga diharapkan dapat menghambat penyebaran penyakit, terutama penyakit menular dan penyakit yang dapat menimbulkan kejadian luarbiasa seperti DBD, diare dan malaria,” harap Ismarni.

Eka Fitri Muslim selaku narasumber mengatakan, Kegiatan pengembangan untuk keluarga seperti keluarga sadar Gizi, Perilaku hidup sehat, lingkungan bersih sehat, dimana jika dipraktekan di kehidupan sehari-hari dapat mencegah terjangkitnya penyakit, yang mana pencegahan tersebut di mulai dari diri sendiri.

“Sasaran pengembangan Kelurahan Siaga yaitu semua individu dan keluarga di Kelurahan yang diharapkan mampu melaksanakan hidup sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan, serta pihak-pihak yang mempunyai pengaruh dapat menciptakan iklim kondusif bagi perubahan perilaku tersebut dan pihak-pihak yang diharapkan memberikan dukungan kebijakan peraturan perundang-undangan, dana, tenaga, sarana dll,” jelas Eka.

Lanjutnya, Pihak-pihak yang diharapkan memberikan dukungan mulai dari Kepala Kelurahan, Camat, pejabat pemerintahan lainnya, termasuk dukungan dari dunia usaha, donatur dan stakeholders lain,” jelas Eka. (aa)

Tags: , , , , , , ,