Sosialisasi Konvensi Hak Anak, Dalam Upaya Kota Solok Menuju Kota Layak Anak

Sosialisasi Konvensi Hak Anak, Dalam Upaya Kota Solok Menuju Kota Layak Anak

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok menggelar Kegiatan Sosialisasi Konvensi Hak Anak (KHA), bertempat di Ruangan Aula DPPPA Kota Solok, Kamis (17/7). Sosialisasi KHA dihadiri oleh 40 orang Peserta yang terdiri dari OPD terkait yang tergabung dalam Gugus Tugas KLA, Camat, Lurah, Pimpinan Puskesmas, Lembaga Masyarakat, Pelaku Usaha dan Media di Kota Solok.

Acara sosialisasi dipimpin langsung Kepala Dinas PPPA Kota Solok, Delfianto, S.Sos bersama Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, Eva Murgana, SKM dan Kasi Pemenuhan Hak Anak, Amelia Mirani Dewinta, SKM dengan Nara sumber, Muharman dari Ruang Anak Dunia (RUANDU) Foundation Sumatera Barat.

Konvensi Hak Anak adalah sebuah konvensi/ perjanjian internasional yang mengatur hak-hak sipil, politik, ekonomi, sosial, dan kultural anak. Konvensi Hak Anak ini yang selanjutnya tertuang dalam 5 kluster Indikator Kota Layak Anak (KLA).

Beberapa hal sudah dilakukan Kota Solok dalam upaya mewujudkan Kota Solok Menuju Kota Layak Anak, namun perlu lebih ditingkatkan lagi Komitmen dan upaya-upaya Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak berdasarkan Kluster pada Indikator KLA.

Dalam sambutannya, Kepala DPPPA menyampaikan bahwa dengan adanya Sosialisasi Konvensi Hak Anak dapat memberikan pemahaman kepada kita semua tentang upaya melindungi, menghormati dan memenuhi Hak Anak di Kota Solok,

“kerja ini bukan hanya Tupoksi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, tetapi perlu dukungan semua pihak guna mewujudkan Kota Solok Menuju Kota Layak Anak.” Ungkapnya

Narasumber Muharman yang dikenal dengan sapaan “Kak Imo” menyampaikan materi tentang “Memahami Konvensi Hak Anak dan Perlindungan Anak”.

Kak Imo menekankan, Anak bukan hanya generasi penerus bangsa, namun lebih dari itu anak adalah pemilik dan pengelola masa depan.

“Jika ingin menyelamatkan masa depan anak, maka yang harus dilakukan adalah upaya Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak” tegasnya. (as)

Tags: , , , , , ,