Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Sosialisasi Pencegahan dan Bahaya Kebakaran di Kelurahan IX Korong

Sosialisasi Pencegahan dan Bahaya Kebakaran di Kelurahan IX Korong

Solok, (Info Publik Solok) – Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solok lakukan Sosialisasi Pencegahan dan Bahaya Kebakaran di Aula Kantor Lurah IX Korong, Kamis (19/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat kelembagaan terdiri dari RT, RW, LPMK, Pemuda, Karang Taruna, serta 2 (dua) orang relawan damkar yang terbagi dimasing-masing Kelurahan serta perangkat Kelurahan IX Korong.

Lega Junaidi Judan selaku Lurah IX Korong dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan ini, yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya.

“ Kegiatan ini sangat bermanfaat apalagi dengan kondisi cuaca saat sekarang ini fenomena musim kemarau serta tingkat Intensitas asap yang bisa dengan mudah memicu kebakaran. Kami juga mengharapkan kepada Bapak/ Ibu yang hadir saat ini mendapatkan ilmu sebagai jembatan informasi mengenai pencegahan dan bahaya kebakaran serta dapat menginformasikan kepada masyarakat disekitarnya guna keamanan dan kenyamanan di wilayah kit aini, “ ujar Lurah.

Ade Chandra Yuda, SH,MM selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Dunia Usaha dalam paparannya menjelaskan, “ Bahwa sebelumnya Dinas Pemadam Kebakaran bergabung dengan Dinas Satpol PP Kota Solok akan tetapi saat ini sudah berdiri sendiri sehingga tugas kami bertambah yaitu melakukan evakuasi manusia, hewan dan benda lainnya dengan contact person kami 0755 20113 kami akan selalu ada 24 jam untuk masyarakat Kota Solok,” terang Ade.

Ada 4 (empat) klasifikasi kebakaran yaitu kebakaran yang bersumber dari benda padat, dari benda cair atau gas yang mudah menyala, dari peralatan listrik hubungan arus pendek dan dari bahan logam magnesium, kalsium dan potasium yang biasanya terjadi di Pabrik besar, sehingga kami bisa menyimpulkan yang rawan terjadi di lingkungan kita umumnya Kota Solok adalah pemicu kebakaran karena benda padat, cair atau gas.

“ Tujuan dari kegiatan ini adalah agar kita mengetahui jenis alat pemadam api, bagaimana mengoperasikan alat pemadam api, dan apa-apa saja hal pertama kali yang kita lakukan jika terjadi pemicu kebakaran terutama di rumah kita, dan kami harapkan Bapak/ Ibu yang hadir disini mohon bisa menyampaikan kepada warga lingkungan sekitar atau tetangga ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini,” tambah Ade.

Media pemadaman api ada banyak jenisnya, yaitu pasir, rumput, karung goni basah dan handuk basah, jika ada pemicu kebakaran yang disebabkan oleh benda cair kita jangan menggunakan busa untuk memadamkannya, karena busa sifatnya benda cair sedangkan benca cair adalah pengantar arus jadi tidak dianjurkan digunakan. Ada juga alat pemadam api Co2 untuk peralatan-peralatan mesin atau listrik sangat bagus apabila terjadi kebakaran karena hubungan listrik karena Co2 sifatnya seperti gas bukan cairan, untuk powder serbuk kimia kering untuk klasifikasi kebakaran disebabkan cair, padat,gas serta listrik bisa juga digunakan akan tetapi kekurangannya yaitu meninggalkan residu berupa tepung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan melakukan simulasi pencegahan dan bahaya kebakaran yang dipraktekan langsung serta dipandu oleh pegawai dari Damkar. (lps/c)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.