Sosialisasi Pengelolaan Zakat di Lingkungan Kodim 0309/Solok

Sosialisasi Pengelolaan Zakat di Lingkungan Kodim 0309/Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok AKBP (Purn) Zaini, S.H memberikan sosialisasi tentang undang-undang pengelolaan zakat yang diikuti oleh 90 peserta terdiri dari Pabung Kabupaten Solok Mayor Inf. Togar Harahap, para perwira, Bintara dan Tamtama  serta ketua dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXIII. Sementara dari pihak Baznas turut hadir H. Rusli Khatib Sulaiman, H. Syafrudin dan Hj. Darmiati di Auditorium Makodim 0309/Solok, Senin (20/08).

Baznas Kota Solok dituntut dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya dan umat Islam mendambakan upaya pemberdayaan ekonomi umat yang mampu meningkatkan taraf hidup dan sesuai dengan Syariat Islam. Bentuk kegiatan yang sangat tepat adalah dengan pengembangan pendayagunaan zakat secara baik dan berkesinambungan.

Pengelolaan zakat harus sesuai UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, PP No. 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Instruksi Presiden RI No. 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian/Lembaga, Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan  Badan Usaha Milik Daerah melalui Baznaz.

Baznas menyalurkan zakat kepada Asnaf delapan yang berhak menerima (Mustahik) dengan program-program yang inovatif dan efektif dalam rangka mewujudkan pemuliaan para mustahik dan mengantarkannya menjadi muzaki.

“Baznas Kota Solok menyalurkan zakat kepada mustahik yang ada di wilayah Kota Solok. Penyaluran zakat oleh Baznas Kota Solok dilakukan dalam bentuk santunan (konsumtif), pemberdayaan (produktif), kesehatan (biaya berobat), pendidikan (SD s/d Perguruan Tinggi),” ungkap  Ketua Baznas. (hy)

Tags: , , , , , , ,