Sosialisasi Puskesmas Ramah Anak Bagi Petugas Kesehatan

Sosialisasi Puskesmas Ramah Anak Bagi Petugas Kesehatan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok mengadakan Sosialisasi Puskesmas Ramah Anak bagi Petugas Kesehatan, Rabu (23/10), di Aula Kantor Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak.

Acara sosialisasi dibuka oleh Kepala DPPPA Kota Solok yang diwakili Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Eva Murgana, SKM, Hadir Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak beserta jajaran, yang diikuti oleh empat puluh orang peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan, Tenaga  Kesehatan di Puskesmas dan jejaringnya se-Kota Solok.

Tujuan dari cara ini Mengembangkan Puskesmas menjadi Puskesmas dengan pelayanan Ramah Anak dan Memberikan motivasi kepada Puskesmas untuk memberikan layanan terbaik masyarakat.

Dinas PPPA dalam acara tersebut, menghadirkan nara sumber dr. Winanda, MARS, Pimpinan Puskesmas Padang Pasir yang merupakan Puskesmas Ramah Anak terbaik tahun 2019, dan Yosi Molina, S.Psi, M.,Psi.Psikolog, Psikolog dari Konsultant klinik dari Bukitinggi.

Eva Murgana dalam sambutan Kadis PPPA Kota Solok menyampaikan  bahwa penerapan pelayanan ramah anak di Puskesmas yang merupakan salah satu subtansi yaitu klaster tentang kesehatan dasar dan kesejahteraan yang di ukur melalui Sembilan indicator dan salah satu indicator adalah Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas.

“Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan terdepan dengan salah satu fungsi yang berperan dalam pemberdayaan keluarga agar mampu memenuhi hak dan kesehatan anak. Untuk itu diharapakan kepada petugas  untuk menjadi petugas yang prima dalam melayani masyarakat, sehingga dapat mewujudkan Kota Solok menjadi Kota Layak anak,” tutur Eva.

Winanda selaku nara sumber menjelaskan bahwa untuk memiliki Puskesmas Ramah Anak harus memenuhi lima belas  indikator diantaranya, adanya SDM yang terlatih, pusat informasi hak anak atas kesehatan, ruang bermain ramah anak, tersedianya ruang ASI, kawasan tanpa rokok, sanitasi lingkungan yang sesuai standar dan tersedianyan sarana prasarana bagi penyandang disabilitas.

Sedangkan Yosi Molina menyampaikan bahwa dalam pelayanna kesehatan di Puskesmas semua petugas harus memberikan pelayanan yang prima dengan memperhatinkan prinsip perlindungan anak yaitu non diskriminasi, memeberikan pelayanan dan kepentingan terbaik bagi anak, memberikan hak kelangsungan hidup anak dan perkembangan anak serta penghargaan kepada pendapat anak. (as)

Tags: , , , , , , , , ,