Sosialisasi Survey Kepuasan Masyarakat di Kota Solok Tahun 2020

Sosialisasi Survey Kepuasan Masyarakat di Kota Solok Tahun 2020

Solok (Info Publik Solok) – Pemerintah Kota Solok melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah  Kota Solok melaksanakan sosialisasi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), pada hari Kamis (27/02). Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Walikota Solok dan di buka langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Solok, Drs. Muhammad, M.Si.

Pelaksanaan dari sosialisasi Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) ini adalah bentuk kerja sama dengan Pusat Studi Kebijakan Publik (PSKP) dan unit layanan yang akan dilaksanakan SKM tersebut terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik/ masyarakat, Antara lain BKPSDM, Dinas Perdagangan dan KUKM, Disdukcapil, Dinas Sosial, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, PDAM, dan seluruh Puskesmas di Kota Solok. Turut  hadir pada kegiatan ini  dari Bappeda dan Dinas Kesehatan.

Sosialisasi SKM ini digelar sekaligus dalam rangka pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat oleh unit penyelenggara pelayanan publik.

Target dari pelaksanaan Survei  Kepuasan  Masyarakat  ini yaitu sebagai  bahan acuan dasar dalam upaya berkelanjutan terhadap perbaikan kualitas pelayanan publik Kota Solok melalui tindak lanjut hasil SKM dalam bentuk Rencana Tindak Lanjut (RTL) oleh unit layanan yang di survey sekaligus sebagai dasar dalam pelaksanaan Forum Konsutasi Publik yang nantinya juga akan disampaikan kepada KemenPANRB.

Tujuan pelaksanaan Survey Kepuasaan Masyarakat adalah untuk mengetahui kinerja penyelenggara pelayanan penanganan laporan masyarakat yang telah dilaksanakan, Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, dengan adanya masukan dari pengaduan masyarakat pengguna layanan, terutama pengguna layanan di OPD yang dilakukan Survei Kepuasan Masyarakat. Kemudian Memantau sejauah mana pelaksanaan dari Rencana Tindak Lanjut yang telah disusun sebagaimana hasil Survey Kepuasan Masyarakat yang telah dilaksanakan dan Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dari setiap komponen dalam penanganan laporan masyarakat.

Disamping itu evaluasi ini dimaksudkan untuk menjaring permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan janji rencana tindak lanjut oleh unit-unit penyedia layanan serta menyediakan bahan penyusunan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Melalui pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat diharapkan dapat mendorong unit layanan untuk terus memperbaiki layanan yang diberikan, baik dari perbaikan SDM, Sarana dan Prasarana serta pengembangan Inovasi guna  penyelenggaraan layanan yang lebih baik. (ra)

Tags: , , , ,