Stand DPUPR Semarakan Pameran Inovasi Kota Solok

Stand DPUPR Semarakan Pameran Inovasi Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solok, semarakan Gebyar Pameran Inovasi Kota Solok dalam rangka Ulamg Tahun Kota Solok ke-50 tepatnya pada tanggal 15 Desember 2020 di Lapangan Merdeka Kota Solok, Senin (14/12).

DPUPR menampilkan inovasi-inovasi yang ada dengan tujuan menjadikan Kota Solok yang nyaman dan asri, melalui pengembangan inovasi Jalur Lemot dengan jalan berpiopori, penyediaan jalur bersepeda serat jalan kaki, penanaman tanaman dan penataan jalan guna menjadikan jalan umum menjadi indah, sejuk, dan menarik. Penerapan inovasi tersebut diharapkan dapat menciptakan jalan yang ramah dan aman bagi moda transportasi baik kendaraan maupun pejalan kaki.

“Jalur lemot ini dilatarbelakangi karena sudah mulai hilangnya budaya jalan kaki. Moda transportasi sehat juga telah ditinggalkan. Masalah genangan air di jalan saat musim hujan juga sering terjadi, pohon/tanaman pada RTH jalan juga jarang,” ujar Rahmad Syukri.

“Semoga kedepannya inovasi yang ada dapat tersalurkan dan terjalankan melalui dukungan pihak-pihak terkait serta juga doa dari masyarakat Kota Solok,” tambahnya.

DPUPR juga berinovasi dengan pendistrian pejalan kaki dan sepeda melalui pewarnaan jalur sepeda pada jalan aspal. Perlu design tambahan dalam mengalirkan air hujan melslui pembuatan lubang biopori pada pinggir jalan dan bahu jalan yang baik dalam lenyerpan air hujan dan kesuburan tanaman. Penanaman pohon juga perlu dilakukan untuk menciptakan suasana asri pada jalan kota.

“Kami memperlihatkan inovasi dari DPUPR Kota Solok melalui Pameran inovasi ini, dan kami mempersilahkan bagi pengunjung yang juga ingin melihat ke Stand DPUPR yang berada di belakang Lapangan Merdeka Kota Solok tepatnya di Istiqlal Park Kota Solok, tidak hanya DPUPR saja juga banyak pameran inovasi lainnya dari beberapa Dinas lainnya seperti Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup dan sebagainya,” pungkas Eliyardi,MT selaku Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Solok. (kips)

Tags: , , , , ,