Survei Akreditasi LABKESDA Kota Solok 2019

Survei Akreditasi LABKESDA Kota Solok 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan melakukan survei akreditasi laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) kota solok, Senin (25/11) di Laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) Kota Solok Kelurahan KTK. Surveyor yang hadir merupakan tim dari KALK Pusat (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan) yaitu Dr. Puguh Sulistiyono Budi, M.Kes, Aris Wiji Utami, S.Si dan dr. Indrayani Padmosoedarso, M.Si Med, SpPK.

Acara ini dihadiri oleh Walikota Solok dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Drs. Nova Elvino, Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ambun Kadri, MKM beserta jajaran, Camat, Lurah serta Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dr. Yuldawati, MKM.

Kesehatan merupakan hak azazi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa dan tujuan pembangunan kesehatan kota solok yaitu “mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat kota solok” yaitu generasi sehat yang tangguh dan berdaya saing. Laboratorium merupakan salah satu unsur penunjang untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, untuk itu kota solok mendirikan laboratorium kesehatan daerah ini, agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam penunjang pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan. Laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) kota solok, sudah pernah di akreditasi dan mendapatkan predikat terakreditasi penuh.

” Tahun ini kami perlu dinilai kembali untuk keamanan pelayanan yang kami berikan apakah masih sesuai standar pelayanan yang seharusnya atau bisa melebihi ekspektasi masyarakat, ” sampai Kadis.

” Laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) kota solok yang berada dibawah naungan dinas kesehatan telah berupaya membenahi diri dari tahun ke tahun dengan mempedomani semua standar mutu pelayanan sebagaimana yang tercantum dalam panduan akreditasi laboratorium, Untuk itu kami mohon kepada surveyor, agar dapat memberikan penilaian terhadap upaya-upaya kami tersebut, sekaligus bisa memberikan pembinaan dan saran demi kesempurnaan pelayanan kami. Dengan diperolehnya kembali sertifikat terakreditasi nantinya, akan menimbulkan rasa kepercayaan yang lebih dari masyarakat, praktisi kesehatan akan kualitas pelayanan laboratorium kesehatan milik daerah, terutama milik pemerintah kota solok, sehingga bisa menjadi contoh dan dapat memberikan pembinaan kepada laboratorium kesehatan lainnya,” jelas Nova Elvino saat memberikan sambutan.

Sementara itu Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), beliau menjelaskan tentang struktur yang ada di Laboratorium Kesehatan Daerah dan menjelaskan alur pelayanan di Laboratorium Kesehatan Daerah sesuai Standar Operasional Pelayanan (SOP), serta memperkenalkan staf dan tugas-tugas stafnya, beliau mengatakan kami telah menerima 2 kali pembinaan.

” Semoga perbaikan yang telah kami lakukan dapat menghantarkan kami pada penilaian dengan predikat “Terakreditasi Penuh” dapat diraih kembali untuk masa 4 tahun mendatang,” harap Yuldawati. (es)

Tags: , , , ,