Tabulampot Hiasi Pekarangan SMAN 3

Tabulampot Hiasi Pekarangan SMAN 3

Solok, (InfoPublikSolok) –  SMA Negeri 3 Solok baru-baru ini mencoba menerapkan konsep Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) di pekarangan sekolah setempat.

Tabulampot ini merupakan metode budidaya tanaman buah-buahan yang lebih mengoptimalkan penggunaan pot sebagai media tanam. Tabulampot juga bisa ditata secantik tanaman hias lainnya seperti tanaman bunga.

Terlihat beberepa jenis buah yang ditanam dalam sejumlah pot yang tersusun rapi diantaranya Jeruk, Jambu, Mangga, Lengkeng dan Kedondong.

Ditemui saat memantau perkembangan tabulampot tersebut, Selasa (2/4) Kepala SMAN 3, Eli Irmanita mengatakan penghijauan di sekolah dapat dilakukan dari berbagai tanaman tidak selalu dari tanaman bunga saja tetapi bisa dengan jenis tanaman buah yang sangat bermanfaat.

“Keunggulan Tabulampot dibanding tanaman hias seperti bunga dan palm adalah, tabulampot juga dapat memproduksi buah ketika musimnya tiba,” ungkapnya.

“Dengan adanya wadah tempat pembibitan ini, otomatis siswa mempunyai tempat praktek, bagaimana ilmu yang didapat di kelas bisa langsung dipraktekkan di sekolah,” lanjut Kepsek yang juga dikenal sebagai pengajar mata pelajaran Biologi ini.

Eli Irmanita mengatakan pemunculan program ini tentunya tidak akan berhasil tanpa dukungan dari seluruh warga sekolah untuk menjaga dan memeliharanya.

Selain konsep Tabulampot, SMAN 3 telah menerapkan konsep budidaya hidroponik, toga (tanaman obat keluarga) dapur hidup dan pengolahan sampah.

Ide-ide tersebut muncul karena melihat pekarangan sekolah yang sangat luas untuk dimanfaatkan, terlebih areal bawah yang masih ada lahan yang kosong. Sebagai informasi total luas tanah SMAN 3 Solok adalah seluas 24.390 M2. (dp)

Tags: , , , ,