Tagana Kota Solok Berbagi Hasil Panen

Tagana Kota Solok Berbagi Hasil Panen

Solok, (InfoPublikSolok) – Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kota Solok melakukan panen sayuran hidroponik dan mengganti air budidaya ikan dalam ember atau budikdamber agar tampak bersih. Selain itu, beberapa masyarakat sekitar juga ikut merasakan hasil panen tanaman pangan dari hasil panen sayuran hidroponik dan budikdamber di Basecamp Tagana Kota Solok, Pandan Ujung, Selasa (7/7/20).

“Semoga hasil panen kita kali ini bermanfaat bagi masyarakat yang menikmati. Alhamdulillah, dengan tujuan awal untuk membantu ketahanan pangan masyarakat sekitar terutama kita dari tagana Kota Solok juga dapat kita nikmati bersama,” ujar Nanda Bro selaku koordinator Tagana Kota Solok.

“Senang sekali bisa berbagi, melihat senyuman masyarakat menerima hasil dari usaha tanaman pangan kami. Usaha bersama kawan-kawan Tagana Kota Solok membuahkan hasil dan memegang teguh prinsip akan selalu menjadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak,” tambahnya.

Jenis tanaman sayuran hidroponik yang dipanen adalah bawang, selada dan beberapa sayuran lainnya, nantinya akan diberikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan terutama rekan-rekan Tagana Kota Solok agar bisa dimanfaatkan.

Saat ini, tanaman akuaponik sedang dalam masa proses pembuatan dan penanaman yang nantinya akan dijadikan Greenhouse Tagana.

Tagana Kota Solok telah membuktikan bahwasannya Taruna Siaga Bencana tidak hanya siaga dalam bencana alam saja, namun siaga terhadap bencana non alam seperti pandemi covid-19 yang menyebabkan menurunnya perekonomian masyarakat. Dan program ini diharapkan dapat membangkitkan ide positif bercocok tanam terutama tanaman pangan.

“Tagana adalah organisasi dibawah naungan Dinas Sosial Kota Solok. Kami selalu siap dan siaga terhadap semua kegiatan yang berlandasan kemanusiaan. Salam tangguh salam kemanusiaan,” pungkas Kiki selaku anggota aktif Tagana Kota Solok.

Tagana Kota Solok juga menghimbau kepada seluruh warga, walaupun saat ini kita memasuki era tatanan baru New Normal untuk tetap waspada dengan mengikuti protokol kesehatan yaitu selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak antar sesama. (kips)

Tags: , , , , ,