Tampung Aspirasi Warga Kelurahan Aro IV Korong Gelar Musrenbang

Tampung Aspirasi Warga Kelurahan Aro IV Korong Gelar Musrenbang

Solok, (InfoPublikSolok) – Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan Aro IV Korong untuk tahun 2021 berlangsung di Aula Kantor Lurah Aro IV Korong, Selasa (28/1). Acara tersebut dihadiri oleh berbagai OPD terkait seperti Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Pendidikan, Dinas Koperindang, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan serta Kecamatan Lubuk Sikarah.

Kegiatan ini juga menghadirkan Ketua LPMK, Fasilitator Bidang Sarana dan Prasarana, Fasilitator Bidang Ekonomi, Fasilitator Bidang Sosial dan Budaya, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, RT dan RW serta masyarakat Kelurahan Aro IV Korong.

Musrenbang tahun ini bertema, “ Melalui Musrenbang Kita Wujudkan Perencanaan Pembangunan dan Ekonomi Masyarakat yang Berkualitas, Partisipatif dan Akuntabel”

Sebelum Musrenbang Kelurahan ini dilaksanakan terlebih dahulu telah dilaksanakan musrenbang antar RW untuk menampung aspirasi dan usulan warga masing-masing RW terhadap rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Pada tahun ini Musrenbang agak berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana biasanya usulan dientrikan oleh fasilitator, kemudian direkap. Tetapi pada tahun ini usulan tersebut langsung dientrikan oleh langsung oleh masyarakat melalui aplikasi e-planning.solokkota.go.id. Kemudian usulan-usulan tersebut akan diverifikasi oleh fasilitator masing-masing bidang untuk nanti dibahas dalam musrenbang kelurahan.

Total ada 48 usulan warga yang dibahas yaitu 10 usulan di bidang ekonomi, 13 usulan di bidang sosial budaya dan 25 usulan di bidang sarana dan prasarana wilayah. “Pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Masjid Al-Hikmah ke SMP 4 Kota Solok, yang digunakan sebagai akses siswa untuk ke sekolah merupakan usulan yang paling diprioritaskan.” ucap Lurah Aro IV Korong, Sriyanur Nuras, dalam kata sambutannya.

” Usulan tidak perlu banyak, yang penting usulan tersebut memang benar sangat dibutuhkan dan dapat porsi penganggaran pada APBD Kota Solok, ” jelas Sekretaris Camat Lubuk Sikarah, Elsye Desilina, S.STP, M.Si pada saat membuka acara.

Usulan-usulan warga yang dibahas dalam Musrenbang ini nantinya akan dilanjutkan ke Musrenbang tingkat Kecamatan. Diharapkan usulan warga tersebut dapat diwujudkan sehingga meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat yang lebih baik. (as)

 

Tags: , , , , , ,