Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas Polres Solok Kota Gelar Operasi Patuh 2022

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas Polres Solok Kota Gelar Operasi Patuh 2022

Solok, (Info Publik Solok) – Senin, 13 Juni 2022 Kepolisian Resor (Polres) Solok Kota secara resmi menggelar pelaksanaan operasi Patuh Singgalang 2022, Operasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari kedepan.

Menurut keterangan Kasat Lantas Polres Solok Kota AKP Muhammad Sugindo, S.IK, melalui KBO IPDA Suryo Hadi, dalam pelaksanaan operasi kali ini pihak kepolisian lebih mengedepankan tindakan preventif, dengan melaksanakan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, melalui tokoh masyarakat/ pemuda, hingga menyasar ke sekolah-sekolah dengan harapan meningkatnya disiplin tertib berlalu lintas.

Selain itu, tambahnya, upaya preventif atau pencegahan tindak pelanggaran juga melalui sosialisasi dengan media sosial serta pemasangan banner pada area strategis di wilayah hukum Polres Solok Kota serta dengan membagikan pamflet terkait imbauan tentang pentingnya disiplin mentaati aturan lalu lintas demi menekan risiko terjadinya kecelakaan.

“Untuk penindakan, sesuai arahan Korlantas belum menjadi prioritas utama, namun jika pelanggaran yang kasat mata ataupun membahayakan keselamatan jiwa orang lain seperti berboncengan tiga, menerobos traffic light, kebut-kebutan serta knalpot racing tetap akan dilakukan penindakan. Selain itu, penindakan juga diprioritaskan bagi kendaraan yang dicurigai sebagai hasil tindak pidana dan tidak bisa menunjukan surat-surat kendaraan. Jika ditemukan, nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak Reskrim untuk mengungkap keabsahan kendaraan tersebut, ” tambah Suryo.

“Satlantas Polres Solok Kota atas nama pimpinan mengimbau kepada masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas, dan jangan hanya tertib ketika ada petugas kepolisian saja. Tertiblah atas kesadaran sendiri demi keselamatan diri dan orang lain, ” imbuhnya.

Untuk tingkat kecelakaan sendiri, menurut Suryo Hadi, di wilayah hukum Polres Solok kota masih cukup tinggi, yang kebanyakan dipicu oleh kurangnya kedisiplinan lalu lintas dan pelanggaran. Terakhir, Dia berharap masyarakat dan instansi terkait mendukung pelaksanaan Operasi Patuh 2022 ini, yang hakekatnya untuk menyelamatkan anak bangsa dari bahaya berlalu lintas.

Sebelum operasi dimulai, untuk memastikan kesiapan anggota, sarana dan prasarana, jajaran Polres Solok Kota bersama instansi terkait menggelar apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK, Senin pagi (13/6), bertempat di halaman Mapolres setempat. Turut hadir Forkopimda Kota Solok, PJU Polres Solok Kota, para Kasat, Kapolsek dan jajaran.

” Dalam melakukan tindakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas agar memperhatikan situasi dan kondisi masyarakat saat ini karena masih dalam pemulihan ekonomi akibat dampak Pandemi Covid-19, kedepankan sosialisasi tapi tetap ada efek tertib masyarakat dalam berkendaraan,” tegas Kapolres.

Dimulainya Operasi Patuh Singgalang 2022 juga ditandai dengan pemasangan pita oleh Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi kepada perwakilan peserta Apel Operasi Patuh Singgalang 2022. (Am/mm)

Tags: , , , ,