Tes HIV Bagi ASN Dinas Kesehatan Kota Solok

Tes HIV Bagi ASN Dinas Kesehatan Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan mengadakan tes Human Immunodeficiency Virus (HIV) bagi ASN di Dinas Kesehatan Kota Solok, Jum’at (13/12/2019) di aula Dinas Kesehatan Kota Solok. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Ambun Kadri, Kabid Pengendalian penyakit dan Kesehatan Masyarakat, Pepy Ledy Soffiany, Kasi Pengendalian Penyakit, Silvia Yuniwarti dan seluruh jajaran di Dinas Kesehatan Kota Solok. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk peringatan hari AIDS sedunia dan program pemerintah menuju Kota Solok bebas HIV.

Sebelum melakukan pemeriksaan, diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan pemeriksaan HIV bagi seluruh ASN di Dinas Kesehatan Kota Solok.

Kepala Dinas Kesehatan, Ambun Kadri menyampaikan, tes HIV ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi pemeriksaan HIV dan mendeteksi lebih awal penyebaran HIV sekaligus kepada ASN. Sebelum melakukan pemeriksaan, tentu dimulai dari diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sebagai bentuk sosialisasi agar masyarakat secara sukarela melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat, tuturnya.

Sementara itu, Kasi Pengendalian Penyakit, Silvia Yuniwarti  mengatakan “Ini masih rencana, jadi, untuk warga yang ingin memeriksakan dirinya tidak enggan atau malu. Jam berkunjung dimulai dari 16.00 WIB dan akan disediakan ruangan khusus pemeriksaan,” tuturnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 43 peserta, 33 orang berasal dari staf Dinas kesehatan dan 10 orang dari petugas Puskesmas. Dari hasil pemeriksaan tersebut, semuanya dinyatakan negatif, kedepan pihak Dinas Kesehatan berencana akan membuat sistem baru disalah satu Puskesmas yang bisa melayani pemeriksaan HIV dengan menambah jam berkunjung.(es)

Tags: , , , , , , , , ,