Tes Kompetensi, 50 orang Peserta  Ikuti Seleksi Rekrutmen PAH di Kota Solok

Tes Kompetensi, 50 orang Peserta  Ikuti Seleksi Rekrutmen PAH di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalitas penyuluh agama islam di masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kota Solok  mengadakan tes tulis dan wawancara terhadap calon penyuluh agama Islam non PNS/ Penyuluh Agama Honorer (PAH) masa bakti 2020-2024, Minggu (8/12)  bertempat di MIN Kota Solok.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kasubbag Inmas  Gusnedi.  Dalam sambutannya   Gusnedi  menyampaikan, bahwasanya ujian tertulis yang dilakukan pada hari ini serentak di seluruh Indonesia begitu juga di Sumbar.

Jumlah peserta yang ikut tes tertulis dan wawancara calon Penyuluh Agama Islam Non PNS periode 2020 s/d 2024 berjumlah 2306 orang untuk memenuhi kuota penyuluh Non PNS Se Sumatera Barat sebanyak 1400 orang,  ungkap  Gusnedi.

Gusnedi  juga mengatakan bahwa penyuluh Agama merupakan garda terdepan Kementerian Agama dalam menyampaikan program pemerintah dengan bahasa agama,  memberikan pembinaan dan penyuluhan serta pencerahan kepada umat.

Penyuluh Agama harus meningkatkan kompetensi agar dapat bersaing di era digital dan globalisasi, dengan cara meningkatkan kompetensi pengetahuan,  komunikasi,  sosial dalam IT dan harus paham menjalankan fungsi penyuluh, sebagai informatif,  edukatif, konsultatif dan Advokatif,  kata  Kasubag Inmas  Gusnedi mengakhiri sambutannya.

Sementera itu  Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Solok H. Alizar, didampingi Kepala Seksi Bimas Islam H. Afrizen  dalam arahannya berpesan bahwa Penyuluh merupakan ujung tombak dari Kemenag dalam menyampaikan syiar agama serta program-program kemenag.


“Penyuluh adalah ujung tombak Kementerian Agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, oleh karena itu Penyuluh wajib menguasai ilmu agama sehingga bisa menyampaikan syiar agama dengan mengedepankan akhlak yang baik di tengah masyarakat,” pesannya.

Diakhir sambutannya sebelum membuka soal tes tulis, Alizar  memberikan motivasi kepada para peserta, “Selamat mengerjakan soal, semoga berhasil dan menjadi bagian dari Kementerian Agama Kota Solok dalam menyiarkan Agama Islam dimasyarakat”, kata Alizar.

Rekrutmen Penyuluh Agama Islam Non PNS, sesuai dengan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 927 tahun 2019 tentang juknis evaluasi, seleksi, dan penetapan jumlah penyuluh agama islam Non PNS periode 2020 s/d 2024. Selanjutnya Surat kakanwil Kemenag Sumbar No B. 2084/Kw03.6a/BA.00/X/ 2019 tgl 25 Oktober 2019 tentang juknis pelaksanaan evaluasi, seleksi dan penetapan jumlah penyuluh agama Islam Non PNS periode 2020 s/d 2024,  dan  SK Kepala Kantor Kemenag Kota Solok  tentang susunan panitia,  pengawas, dan penguji seleksi Penyuluh Agama Islam  Non PNS periode 2020 s/2024, Seperti yang dilaporkan oleh  Kasi Bimas Islam  Afrizen.

Afrizen menambahkan,  pelaksana tes tertulis dan wawancara seleksi PAI Non PNS Kemenag Kota Solok  Periode 2020 s/d 2024  tahun ini berjumlah 52  orang,  yang mengikuti tes  tulis hanya 50 orang  dan  mengikuti tes wawancara hanyak  43 orang.

“ Seleksi yang di lakukan melalui tes tertulis dan wawancara ini sudah sesuai dengan petunjuk  pelaksana dan petunjuk teknis, seleksi ini untuk mengisi kuota  penyuluh Agama Islam  sebanyak 16 Orang,  ” kata Afrizen.

Diakhir ujian tulis dilakukan pemusnahan soal-soal yang disaksikan oleh Kasubag Inmas Gusnedi  dan Plt Kepala Kankemenag Kota Solok H.Alizar. Pemusnahan soal dilakukan didepan Kantor Kemenag   Kota Solok. (hd)

Tags: , , , , , , , ,