Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Tiga OPD Terbaik Terima Penghargaan Pengawasan Kearsipan Daerah Tahun 2023

Tiga OPD Terbaik Terima Penghargaan Pengawasan Kearsipan Daerah Tahun 2023

Solok, (InfoPublikSolok) – Penyerahan penghargaan Pengawasan Kearsipan Internal kepada tiga OPD terbaik diserahkan bertepatan dengan kegiatan apel gabungan peringatan hari KORPRI ke-52 di Lapangan Balaikota Solok, Jumat (1/12).

Penghargaan Terbaik I yang diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok diserahkan oleh Walikota Solok, Zul Elfian Umar, Terbaik II diraih oleh Dinas Lingkungan Hidup yang diserahkan oleh Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, dan terbaik III diterima Sekretariat DPRD Kota Solok yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Teknologi Informasi, Desriyanti, SE, ME mengungkapkan kegiatan pengawasan kerasipan internal dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan menyatakan bahwa arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa, serta sebagai memori, acuan, dan bahan pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus dikelola dan diselamatkan oleh negara.

Untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, menjamin pelindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat, serta mendinamiskan sistem kearsipan, diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan sebagaimana dibutuhkan oleh suatu sistem penyelenggaraan kearsipan nasional yang andal.

“Untuk memastikan kondisi penyelenggaraan kearsipan di lingkungan pencipta arsip baik tingkat pusat maupun daerah, maka dari itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok menyelenggarakan pengawasan kearsipan internal,” jelas Desriyanti.

“Tim pengawasan kearsipan internal Pemerintah Kota Solok telah mulai melaksanakan audit kearsipan internal ke OPD mulai bulan Maret sampai Juli 2023. Kegiatan audit kearsipan internal dilaksanakan pada seluruh OPD se-Kota Solok,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan, setelah melaksanakan Audit Kearsipan Internal, Tim audit mengadakan diskusi untuk pemilihan juara I, juara II, juara III. Tim Audit Pengawasan Kearsipan Internal yang terdiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Teknologi, Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan, Arsiparis dan Inspektorat telah memutuskan bahwa Juara I diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Juara II diraih oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Juara III diraih oleh Sekretariat DPRD Kota Solok.

“Untuk pelaksanaan audit kearsipan di tahun 2024, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) menjadi salah satu indikator penilaian, oleh sebab itu kami berharap kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok dapat mengimplementasikan aplikasi SRIKANDI,” ungkap Desriyanti.(ji/r)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan