Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

26 Mei 2024

Tim Asesor Akreditasi Sekolah Lakukan Visitasi di SDN 07 Kampung Jawa

Tim Asesor Akreditasi Sekolah Lakukan Visitasi di SDN 07 Kampung Jawa

Solok, (Info Publik Solok) – Kepala SDN 07 Kampung Jawa, Kota Solok, Irma Suryani bersama dengan majelis guru menyambut kedatangan tim Asesor Akreditasi dan Visitasi Akreditasi Tahun 2023, Jumat (17/3).

Kegiatan ini akan berlangsung selama selama dua hari (Jumat s.d. Sabtu) di Kampus SDN 07 Kampung Jawa. Hadir pada acara pembukaan kegiatan tersebut, Pengawas Sekolah, Brienzon Aziz, Lurah Kampung Jawa, Mukhrizon, Anggota DPRD Kota Solok, Leo Murphy, Kasi GTK, Firdaus yang mewakili Dinas Pendidikan Kota Solok.

Kedatangan tim asesor disambut dengan marching band dari siswa-siswi SDN 07 Kampung Jawa. Selama dua hari, tim asesor visitasi akan melakukan Verifikasi, Evaluasi dan Validasi di SDN 07 Kampung Jawa.

Pada pembukaan acara, Irma Suryani, menyambut baik kedatangan tim asessor visitasi akreditasi dari Ban-S/M Sumbar. “Kami minta didoakan agar pelaksanaan kegiatan ini, semuanya berjalan dengan lancar, dan hasil laporannya juga maksimal,” harap Irma Suryani.

Kepala Sekolah juga menyampaikan bahwa pelaksanaan akreditasi dan visitasi di SDN 07 Kampung Jawa merupakan akreditasi tahap I. Dalam sambutannya Kepala Sekolah menyampaikan selayang pandang mengenai profil sekolah kegiatan sekolah dan prestasi sekolah.

“Kami menyambut baik pelaksanaan Akreditasi dan Visitasi Tahun 2023 di SDN 07 Kampung Jawa, mudah-mudahan dengan kedatangan tim assessor akan meningkatkan kualitas sekolah dan dapat diperoleh hasil maksimal,” tambah Irma.

Anggota DPRD Leo Murphy dan juga alumni SDN 07 Kampung Jawa menyampaikan motivasi kepada siswa SDN 07 Kampung Jawa.

Sambutan berikutnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Hj. Rosavella YD yang diwakili oleh Kasi GTK, Firdaus menyampaikan bahwa pelaksanaan akreditasi dan visitasi di SDN 07 Kampung Jawa dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan serta mendapat hasil maksimal, selain itu Disdik mengapresiasi atas persiapan yang dilakukan dalam kegiatan akreditasi ini.

Kemudian dilanjutkan sambutan dari tim asessor, Rajudin yang menyampaikan proses pelaksanaan akreditasi dan visitasi di SDN 07 Kampung Jawa.

“Kami berdua mendapatkan tugas dinas dari Ban SM Provinsi Sumbar untuk melakukan observasi, melihat kenyataan yang ada di sekolah ini, selamat kami sampaikan selamat kepada SDN 07 Kampung Jawa yang telah sukses melakukan upload data di aplikasi instrumen akreditasi DIA, kami yakin standar akreditasi sudah disiapkan selama proses visitasi berlangsung,” sampai Rajudin.

Secara teknis tim akan mengawal akreditasi dan visitasi di SDN 07 Kampung Jawa mulai tanggal 17 s.d 18 Maret 2023, mulai dilaksanakan proses akreditasi visitasi, Setelah acara pembukaan, selama 2 hari mulai pukul 08.00 s.d 14.00, tim akan melaksanakan kegiatan wajib, standar dari BAN SM dengan langsung observasi empat komponen akreditasi utama terdiri atas mutu lulusan, proses pembelajaran, guru, dan manajemen sekolah/madrasah, asesmen kecukupan dihitung.

Nilai akhir untuk menentukan peringkat akreditasi satuan pendidikan dihitung dengan penjumlahan nilai komponen akreditasi utama dan nilai komponen akreditasi pendukung, dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen oleh dua assesor sesuai standar, mohon dewan guru aktif membantu terkait klarifikasi dokumen tersebut, di hari kedua dalam acara temu akhir, wajib disampaikan hasil verifikasi dokumen dan langkah apa yang perlu ditindaklanjuti. (nha)

Tags: , , , ,

No Responses

Comments are closed.