Tim Gabungan Bongkar Portal di Depan Pertokoan Bundo Kanduang

Tim Gabungan Bongkar Portal di Depan Pertokoan Bundo Kanduang

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Penegak Peraturan daerah (Perda) yang dikomandoi  Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadaman Kebakaran Kota Solok membongkar portal di depan Toko Kurnia Maju Komplek Pertokoan Bundo Kanduang Pasar Solok, Kamis (17/1/19).

Pembongkaran yang dilakukan Tim gabungan Kodim 0309 Solok, Polres Solok Kota, Anggota Satpol Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup, disaksikan ratusan pasang mata yang ingin melihat. Adapun sasaran eksekusi yang dilakukan pada siang itu adalah  bangunan liar berupa Portal melintang,  Kanopi bangunan, dan bangunan lainnya yang sengaja didirikan tanpa izin oleh pemilik toko yang ada.

Dalam melakukan eksekusi tim penegak Perda mengerahkan satu unit alat berat dan beberapa buah martil, sehingga eksekusi dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Pelaksana tugas Kadis Pol PP Kota Solok Drs. Ori Affilo mengatakan bahwa ketegasan yang dilakukannya itu adalah perintah dari Undang-Undang yang ada yang diteruskan menjadi Peraturan Daerah (Perda) kota Solok Nomor 12 tahun 2013 tentang izin mendirikan bangunan (IMB). Tim Penegak Perda yang dikomandoi oleh Satpol PP Kota Solok akan membongkar bangunan liar yang berdiri diatas tanah fasilitas umum (Fasum) yang ada didaerah setempat. bahwa ketegasan yang dilakukannya itu adalah untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban ditengah-tengah masyarakat.

Mantan Kepala Kantor BPBD kota Solok itu juga mengatakan, sesuai dengan peraturan yang ada dan jauh sebelumnya, pemerintah daerah setempat melalui Satpol PP kota Solok dan instansi terkait lainnya telah memberikan himbauan dan teguran kepada para pemilik toko tersebut agar membongkar portal di depan tokonya namun hal itu tidak diindahkannya. Karena portal yang berada di depan toko sangat mengganggu keselamatan pengunjung yang lalu lalang di kawasan Pasar solok.

“Jadi dengan terpaksa, bersama dengan Tim Gabungan harus dibongkar paksa,” tegas Ori yang baru beberapa hari menjabat di Satpol PP.

Sebelum eksekusi di lapangan, Wakil Walikota, Reinier ketika Apel Gabungan memberi arahan di halaman Kantor Dinas PU/PR mengharapkan agar Tim Gabungan yang turun untuk membongkar portal sesuai aturan yang berlaku, jangan sampai ada yang dirugikan, karena kita hanya bekerja sesuai aturan tidak untuk menzholimi masyarakat tapi untuk mengayomi masyarakat, sebab dengan dibukanya portal itu akan terciptanya keindahan serta kawasan Pasar Solok semakin indah dan rapi. (sg)

Tags: , , , , ,

%d blogger menyukai ini: